3 Cara Cek Shutter Count Canon yang Dijamin Mudah

3 Cara Cek Shutter Count Canon yang Dijamin Mudah

ilustrasi--

SURABAYA, MEMORANDUM - Shutter count adalah angka yang menunjukkan berapa kali tombol shutter pada kamera DSLR ditekan. Angka ini penting karena kamera digital memiliki batas di mana tombol tersebut bisa berfungsi optimal. 

Semakin banyak jumlah shutter count, maka semakin tua pula usia kamera digital tersebut. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli kamera, terutama kamera bekas, penting untuk mengetahui cara cek shutter count canon dan kamera digital merek lain.

BACA JUGA:Kondisi Pasar Kamera Digital Di Tengah Gempuran Fitur Canggih Fotografi Smartphone

Berikut sejumlah cara cek shutter count pada kamera canon :

1. Shutter count beberapa kamera Canon dapat dilihat dengan menggunakan camerashuttercount.com, berikut langkah-langkahnya:

  • yang pertama ambil satu gambar dengan kamera tersebut.
  • Lalu unggah foto terakhir hasil jepretan dengan foto tersebut ke website.
  • Berdasarkan gambar yang diunggah, website tersebut akan menunjukkan berapa jumlah shutter count.

2. Cara cek shutter count Canon juga bisa dilakukan secara offline. Namun kamu harus menginstal aplikasi EOS info di perangkat komputer. Setelah terinstal, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Hubungkan kamera DSLR anda ke laptop/komputer
  • Buka aplikasi yang telah diunduh
  • Lalu klik success pada windows
  • Klik ok, maka kita akan mendapatkan hasilnya.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Kamera Mirrorless Berkualitas dengan Fitur Andalannya

3. Cara Cek Shutter Count Canon dengan Ponsel

Kamu juga bisa memeriksa shutter count kamera Canon dengan menggunakan ponsel. Caranya adalah dengan menginstal Photo EXIF Editor. Aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis dengan ukuran hanya sekitar 8 MB saja. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa mengecek data EXIF secara cepat.

Secara umum, caranya sama. Yang pertama adalah mengambil foto dengan kamera Canon yang ingin kamu periksa shutter count-nya. Kemudian pindahkan foto tersebut ke ponsel. Buka aplikasi Photo EXIF Editor, lalu upload foto tersebut di aplikasi, dan ikuti petunjuk selanjutnya.

 

Sumber: