3 Tips Membeli Laptop Bekas agar Tidak Tertipu, Harus Teliti!

3 Tips Membeli Laptop Bekas agar Tidak Tertipu, Harus Teliti!

ilustrasi--

SURABAYA, MEMORANDUM - Penggunaan laptop menjadi salah satu kebutuhan hampir semua orang. Biasanya penggunaan laptop ini ditujukan untuk urusan pekerjaan, pendidikan, hiburan dan lain sebagainya.

Namun terkadang laptop baru memiliki harga yang tinggi, berbeda dengan laptop bekas yang bisa menjadi opsi ketika pengguna membutuhkan sebuah laptop dengan budget miring.

Akan tetapi, membeli laptop bekas membutuhkan kehati-hatian ekstra. Pasalnya, akan lebih banyak risiko yang akan dihadapi dibandingkan mendapatkan laptop yang benar-benar baru.

BACA JUGA:6 Rekomendasi Laptop Intel Core i7, Performa Unggul Disegala Aspek

BACA JUGA:Rekomendasi Laptop Intel Core i5 Harga 5 Jutaan dengan Performa Terbaik

Berikut ini tips memilih laptop bekas :

1. Cek review dan spesifikasi laptop yang diinginkan 

Sebelum membeli laptop second, cek dulu ulasan pelanggan dan spesifikasi laptop yang diinginkan. Tingkat kepuasan pelanggan bisa menjadi ukuran yang mengarahkan Anda pada satu keputusan pembelian barang tersebut.

2. Pilih penjual yang aman dan terpercaya

Meskipun harga laptop bekas atau laptop second relatif miring, akan tetapi pembelian ini melibatkan uang yang tidak sedikit. Maka dari itu pastikan untuk memilih penjual yang aman dan terpercaya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Terlebih jika membeli melalui online.

3. Periksa kondisi bodi laptop Jika dilihat secara sekilas, kebanyakan laptop akan terlihat baik-baik saja tanpa retakan. Maka dari itu, pengguna harus benar-benar teliti memeriksa badan laptop. Dimana dalam hal ini meliputi pengecekan dibawah ini

  • Periksa Layar
  • Periksa Keyboard dan Touchpad
  • Periksa port dan drive
  • Periksa Konektivitas
  • Periksa Speaker
  • Periksa Kesehatan Baterai

Sumber: