6 Tips Mengatasi Sakit Perut karena Kekenyangan yang Mudah Dilakukan

6 Tips Mengatasi Sakit Perut karena Kekenyangan yang Mudah Dilakukan

ilustrasi--

SURABAYA, MEMORANDUM - Melihat berbagai makanan yang tersaji di meja ketika menghadiri pesta, acara keluarga, atau saat liburan, sering kali membuat lapar mata. Tanpa sadar Anda melahap makanan lebih banyak hingga mengalami kekenyangan dan begah.

Tidak hanya kekenyangan, konsumsi makanan yang berlebihan juga dapat menyebabkan mual dan kembung, serta meningkatkan risiko terkena obesitas, diabetes, hingga stroke. Untuk menghindari efek samping dari kekenyangan yang mungkin terjadi, Anda perlu menerapkan cara mengatasi kekenyangan yang ampuh.

BACA JUGA:3 Tips Memilih Jajanan Sehat untuk Anak Sekolah, Orangtua Wajib Tahu!

BACA JUGA:10 Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan, Perjalanan Makin Nyaman

Berikut ini adalah berbagai cara mengatasi kekenyangan setelah makan:

1. Jalan santai

Salah satu cara mengatasi kekenyangan adalah dengan berjalan santai. Kegiatan ini dapat membantu merangsang sistem pencernaan untuk bekerja lebih optimal, mengurangi gas dalam perut, dan mengontrol gula darah.

2. Hindari berbaring

Saat merasa kekenyangan, Anda mungkin akan merasa ngantuk dan ingin berbaring atau tidur siang. Meskipun terasa sangat menggoda, berbaring segera setelah makan justru akan memperlambat 

3. Longgarkan pakaian

Ketika kekenyangan, Anda mungkin merasa perut kembung dan sangat penuh. Oleh karena itu, cara untuk mengatasi kekenyangan dapat dilakukan dengan membuka kancing di pakaian atau celana yang menekan perut, serta melonggarkan ikat pinggang.

4. Minum air putih

Minum air putih dapat menjadi cara mengatasi kekenyangan. Namun, Anda sebaiknya meminum segelas air putih secara perlahan. Minum air dapat membantu tubuh membuang kelebihan garam setelah Anda makan berlebihan. Selain itu, minum air putih juga dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan dan mencegah sembelit.

5. Minum teh herbal

Sumber: