Program Inovasi Kakanim Madiun Andro Eka Putra Jadi Percontohan Nasional

Program Inovasi Kakanim Madiun Andro Eka Putra Jadi Percontohan Nasional

Desa binaan kantor imigrasi madiun--

MADIUN, MEMORANDUM - Sejak mengemban amanah memimpin Kantor Imigrasi (Kanim) Madiun, Andro Eka Putra memiliki tekad menularkan spirit Sumpah Pemuda kepada para pegawai di instansinya. Yakni, cinta tanah air, persatuan, dan nasionalisme tinggi.

 

‘’Di sinilah momen Sumpah Pemuda harus dimaknai dengan baik. Bersatu tanpa membeda-bedakan sesama,’’ ujar Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Madiun Andro Eka Putra.

 

Semangat serupa juga ditanamkan kepada para pegawai dalam komitmen Kantor Imigrasi Madiun untuk memberikan pelayanan yang prima dan ramah kepada masyarakat

 

‘’Siapapun yang ada di depan kita harus dilayani dengan baik, Saat melayani pemohon paspor di Kanim Madiun pun kami selalu menggunakan bahasa yang sopan dan santun,’’ tuturnya.

 

BACA JUGA:Kanim Kelas I TPI Manado dan TIM PORA Periksa Perizinan WNA di PLTU Amurang

 

Sementara, dalam menerapkan model kepemimpinan, Andro tidak hanya fokus pada hal yang bersifat top down. Melainkan juga bottom up. Para pegawai, terutama kalangan usia muda, bebas memberikan ide dan masukan demi kemajuan Kanim Madiun.

 

‘’Saya sangat bangga karena Kanim Madiun memiliki insan-insan muda yang cerdas, berkompetensi, dan berintegritas. Dari mereka lah tercipta gagasan yang luar biasa. Tugas kita menjaga, mengarahkan, dan menyemangati untuk membangun imigrasi yang lebih baik,’’ jelas pria kelahiran Jakarta itu.

 

Salah satu jurus jitu Kantor Imigrasi Madiun adalah program desa binaan imigrasi. Jika awalnya program itu hanya menyasar Desa Dolopo, kini telah meluas ke beberapa desa di kecamatan lainnya.

 

BACA JUGA:Berbagai Inovasi Permudah Pelayanan Masyarakat, Kakanim Surabaya Jadi Bintang Tamu di MemorandumTV

 

‘’Seperti Desa Gemarang Kecamatan Gemarang, Desa Kare Kecamatan Kare, Desa Sugihwaras Kecamatan Saradan, Desa Karangrejo Kecamatan Wungu, Desa Dagangan Kecamatan Dagangan, Desa Tambakmas Kecamatan Kebonsari," tutur Kepala Kantor Imigrasi Madiun (Kakanim) Andro Eka Putra.

 

Dia menyebutkan, program sinergi para insan imigrasi dengan camat dan kades itu difokuskan pada edukasi kepada warga yang hendak bekerja atau bepergian ke luar negeri.

Di antaranya, pengenalan aplikasi pembuatan paspor online terbaru M-Paspor dan prosedur penerbitan paspor bagi pekerja migran Indonesia (PMI).

 

‘’Selain itu, edukasi mengenai alur pemeriksaan di TPI (tempat pemeriksaan imigrasi, Red) dan dampak kasus PMI non-posedural,’’ ujarnya

 

BACA JUGA:Kunjungi Kanim Tanjung Perak, Dirjen Imigrasi Silmy Karim Kaget

 

Berkat program desa binaan itu pula Kanim Madiun menjadi percontohan kantor imigrasi lainnya di tanah air dalam pelaksanaan program serupa.

 

‘’Program desa binaan imigrasi ini telah disetujui Dirjen Imigrasi menjadi program nasional. Beberapa kantor imigrasi juga mengirimkan wakilnya ke Kanim Madiun untuk studi tiru,’’ tutupnya

Sumber: