Jelang Akhir Tahun, UWG Tambah 2 Profesor Baru

 Jelang Akhir Tahun, UWG Tambah 2 Profesor Baru

Prosesi pengukuhan guru besar di UWG.--

MALANG, MEMORANDUM-Jelang akhir tahun 2023, Universitas Widyagama (UWG) MALANG, menambah 2 orang Guru Besar (Gubes) baru. Pengukuhan Gubes, dipimpin langsung ketua Senat, Prof H.A Mukhtie Fadjar, SH, MS di Hall UWG MALANG, Sabtu 28 Oktober 2023.

Kedua Gubes itu, Profesor Agus Tugas Sudjianto, ST, MT, sebagai Guru Besar bidang Geoteknik serta Profesor Dr Ir Moh Su'i, MP, Dosen Fakultas Pertanian, sebagai Guru Besar bidang Teknologi Pertanian.

Ketua Senat Prof Mukti menjelaskan, untuk pengukuhan 2 orang Guru besar kali ini, adalah, untuk ketersediaan dan peningkatan SDM. Dengan pengukuhan itu, berarti menambah jumlah Guru Besar yang ada. Mereka, berada pada urutan ke 5 dan ke 6 dari seluruh Gubes.

BACA JUGA:Tahanan Rutan Gresik Meninggal. Infonya Dehidrasi Berat, Kok Bisa?

"Ya, ini berarti semakin menambah kwalitas SDM di perguruan tinggi ini. Tentunya, semakin banyak akan semakin baik. Dan ke depan, terus diupayakan untuk bertambah. Karena, banyak dosen yang saat ini sedang dalam proses," terang Ketua Senat, Prof Mukti ditemui di sela sela pengukuhan, Sabtu 28 Oktober 2023.

BACA JUGA:Asik Pesta Miras, Warga Kedurus Ketahuan Kantongi Ratusan Pil Koplo

Yang dimaksud bertambahnya guru besar, lanjut Mukti, adalah yang sekaligus disertai dengan sejumlah karya dan inovasinya. Sehingga, tidak hanya formal saja. Karena itu, harus berkwalitas dan berintegritas.

"Sudah ada 5 sampai 6 ya, yang sedang dalam proses. Tentu saja, ini sebuah tantangan. Dan saya kira sama ya, semua perguruan tinggi, untuk terus menambah jumlah Guru besar," lanjutnya.

Sementara itu, Rektor UWG, Prof Agus Tugas Sudjianto mengaku, pihaknya terus melakukan percepatan dalam penambahan jumlah Guru Besar.

"Sampai tahun 2024, diperkirakan bisa mencapai sekitar 10 Guru Besar. Karena itu, sebagai percepatan, kami melakukan pendanaan. Selain pendanaan dari kementerian lewat penelitian, namun juga dari internal kampus," jelasnya.

Termasuk, tambah Rektor, dalam bentuk jurnal jurnal internal di masing masing fakultas. Semuanya, terus didorong untuk segera mengajukan sebagai guru besar.

Dalam kesempatan itu, Profesor Dr Ir Moh Su'i, MP, sedang dikukuhkan menjelaskan, bahwa dirinya melakukan penelitian dan orasi tentang manfaat buah kelapa, sebagai bahan pangan fungsional.

"Ini menyehatkan, karena bisa menurunkan kolesterol. Anti virus dan anti bakteri. Bahkan, bisa diterapkan oleh masyarakat luas. Namun, untuk produksi dalam jumlah banyak, membutuhkan kerjasama dengan pihak industri," katanya. (edr)

Sumber: