Musim Kemarau Kawanan Kera Turun Gunung Cari Makanan di Jember

Musim Kemarau Kawanan Kera Turun Gunung Cari Makanan di Jember

Puluhan kera turun ke jalan dan tempat parkir pengunjung.--

JEMBER, MEMORANDUM-Musim kemarau yang melanda wilayah JEMBER, Jawa Timur, berdampak pada satwa liar, salah satunya adalah kawanan kera yang turun gunung untuk mencari makanan.

Kawanan kera yang berasal dari kawasan hutan dan perbukitan di sekitar objek wisata Tanjung Pasir Putih Malikan, Kecamatan Wuluhan, Jember, terlihat turun gunung dan berkeliaran di sepanjang jalan menuju kawasan wisata, area tempat parkir kendaraan, kantor pengelola, rumah penginapan, dan warung makan.

"Kawanan kera ini terlihat tidak menghiraukan dan seakan tidak mengenal takut terhadap lalu lalang kendaraan pengunjung yang melintas," kata Edi Prasetyo Hutomo, petugas taman wisata Tanjung Pasir Putih Malikan.BACA JUGA:Keluarga Korban Laka Kerja di PT Inkatama Wancheng Indonesia Datangi Polres Lamongan

Fenomena kawanan kera turun gunung ini terjadi karena dampak musim kemarau dengan cuaca panas, sehingga kawanan kera mencari daerah yang lebih sejuk serta menipisnya pasokan makanan seperti tanaman buah-buahan dan pucuk daun muda di area hutan perbukitan.

BACA JUGA:Kejar Terget PAD dari Sektor Parkir, UPTD Parkir Dishub Lakukan Pengawasan Ketat Pemungutan Parkir di Lapangan

"Diperkirakan kawanan kera turun gunung akan terus terjadi hingga awal bulan Januari," kata Edi.

Meski terkadang menjarah makanan di dalam warung makan, namun keberadaan kawanan kera yang turun gunung ini tidak mengganggu atau menyerang pengunjung.

"Pengunjung mulai terbiasa dan menjadi sensasi menarik bisa melihat kera dari dekat karena tidak mengganggu," kata Zaenal Arifin, pemilik warung makan di Tanjung Pasir Putih Malikan.

Populasi kera yang ada di kawasan ini dilindungi oleh petugas dan terdapat tiga jenis, yakni kera ekor panjang warna abu-abu, kera hitam atau lutung, dan kera bulu kuning keemasan. (edy)

Sumber: