Cuaca Panas, Produksi Es Batu Kristal di Jember Meningkat Drastis

Cuaca Panas, Produksi Es Batu Kristal di Jember Meningkat Drastis

Karyawan rumah produksi Es Batu Kristal siap kirim di tempat order-Biro Jember-

JEMBER, MEMORANDUM - Rumah produksi es batu kristal di Jember mengalami peningkatan permintaan hingga dua kali lipat di musim kemarau dengan cuaca panas ekstrem tahun ini.

Produksi saat ini mencapai 1.700 kantong dari 800 kantong dalam kondisi normal. Permintaan tinggi, produksi dilakukan 24 jam dan menambah tenaga kerja.

Musim kemarau dengan cuaca panas ekstrem tahun ini membawa berkah bagi produsen es batu kristal di jember, akibat tingginya permintaan dari konsumen.

Salah satunya rumah produksi es batu kristal milik Erwin Zulkarnaen, Warga Jl dr Soetomo, Kelurahan Kepatihan, Kecamatan Kaliwates, jember, permintaan meningkat dua kali lipat.

BACA JUGA:Cuaca Panas Terik di Surabaya, Waspada Kesehatan

"Dalam kondisi normal, produksi es batu kristal hanya sebanyak 800 kantong, saat ini mencapai 1.700 kantong es batu kristal dengan berat 5 kilogram setiap kantong, " kata Erwin Kamis 26 Oktober 2023.

Menurut Erwin, Permintaan es batu kristal tak hanya berasal dari wilayah kota jember tetap juga dari sejumlah kota sekitar seperti Bondowoso, Situbondo bahkan Banyuwangi.

"Untuk memenuhi Orderan tersebut proses produksi es batu kristal dilakukan selama 24 jam penuh dari proses produksi normal yang hanya 12 jam, untuk memenuhi permintaan kafe, restoran maupun kedai penjual es, " jlentreh Erwin.

Erwin sempat kewalahan dengan tingginya permintaan, sehingga harus menambah jumlah karyawan, yang biasanya hanya 10 orang saat menjadi 16 orang dengan pembagian sistem pembagian waktu kerja, hari libur/tanggal merah tetap masuk libur bergantian.

BACA JUGA:Rekomendasi Jenis Kuliner yang Cocok Dikonsumsi saat Cuaca Panas

Setiap kantong es batu kristal miliknya dijual dengan harga 5 ribu rupiah dengan sistem kirim langsung ke pemesan.

Setiap hari omset dari produksi es batu kristal mencapai 8 hingga 9 juta per hari.

Cuaca panas ekstrem di wilayah kabupaten jember diperkirakan akan terjadi hingga bulan desember nanti.(edy)

Sumber: