Legenda Sumur Welut, Lakarsantri, Surabaya yang Menyimpan Kisah Mistis

Legenda Sumur Welut, Lakarsantri, Surabaya yang Menyimpan Kisah Mistis

Urban Legend (cerita rakyat) kali ini tentang sejarah Sumur Welut di Lakarsantri, Surabaya.--

SURABAYA, MEMORANDUM-Dari sekian Urban Legend (cerita rakyat), menarik untuk disimak adalah cerita terkait Sumur Welut di Kelurahan Sumur Welut, Kecamatan Lakarsantri, Surabaya.

Dari data dan informasi yang dikumpulkan tim Memorandum.disway.id, Sumur Welut diperkirakan sudah ada sejak Zaman Kerajaan Majapahit atau sekitar 1382 masehi.

Situs cagar budaya Sumur Welut menjadi bukti dan saksi sejarah hingga kini. Menariknya, air di Sumur Welut tidak pernah kering meski musim kemarau seperti saat ini.

 BACA JUGA:Intip Hasil Foto Kamera Galaxy Z Flip5, Tetap Bagus Tanpa Perlu Diedit

Dari cerita yang berkembang dari mulut ke mulut, suatu ketika ada tiga orang pedagang dari kawasan Giri (Gresik). Ketiganya bernama Daeng Palwiatan, Kartosuro dan Sidabutar.

 BACA JUGA:Ngeri! Inilah 5 Fakta Misteri Yeti, Makhluk Besar Penghuni Gunung Es

Mereka adalah pedagang hasil bumi, blewah, ketela, semangka juga bengkuang. Nah, ketika mengirim hasil bumi ke sebuah kota kecil di pinggir Kali Brantas (Sepanjang), kuda Daeng Palitan terlihat kecapekan.

Saking capeknya, kuda Daeng mengeluarkan busa. Takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, ketiganya kemudian berteduh di sebuah pohon beringin. Mereka kemudian kompak menggali sumur yang ukurannya lima kali dari ukuran sumur biasa.

Setelah menggali, ternyata air yang keluar luar biasa banyaknya. Jernih dan bisa digunakan untuk minum kuda dan mereka tentu saja.

Lambat laun cerita adanya sumur tersebut membuat para pedagang atau orang-orang yang melewati sekitar berhenti untuk sekadar melepas lelah di dekat sumur. Selain suasananya yang sejuk karena diapit pohon-pohon rindang, air jernih membuat mereka bisa minum sepuasnya.

Lalu kenapa di sebut Sumur Welut? Tak lain karena pada suatu ketika, seseorang yang kehausan dan habis minum di lokasi melihat seekor belut raksasa di sumur tersebut.

Karena belum mempunyai nama, maka orang tersebut secara spontan berteriak,"Sumur Welut". Waktu berlalu, nama Sumur Welut akhirnya dikenal oleh orang-orang yang lewat di lokasi.

Kisah lain yang tak kalah menariknya adalah kisah mistis terkait Sumur Welut. Yaitu adanya penampakan seekor buaya. Percaya atau tidak wallahu a'lam.(*)

Sumber: