Mengenal Apa Itu HyperOS, Sistem Operasi Pengganti MIUI

Mengenal Apa Itu HyperOS, Sistem Operasi Pengganti MIUI

xiaomi--

SURABAYA, MEMORANDUM - Xiaomi meluncurkan sistem operasi (OS) untuk ponsel mereka yang dinamakan dengan HyperOS. OS tersebut merupakan evolusi teranyar dari MIUI.

Secara umum HyperOS adalah sistem operasi yang dalam pembuatannya sengaja dirancang sekaligus dikembangkan oleh perusahaan Xiaomi demi memenuhi eksosistem produk keluaran Xiaomi. 

BACA JUGA:Xiaomi Indonesia Hadirkan Rangkaian AIoT Terbaru, Lengkapi Beragam Kebutuhan Gaya Hidup Konsumen Indonesia

OS tersebut rencananya tak akan diterapkan pada smartphone saja melainkan pada produk lain mulai dari alat rumah tangga berbasis kecerdasan buatan, mobil, dan 200 kategori produk lainnya.

Sebagai permulaan, HyperOS akan diterapkan pada ponsel Xiaomi versi China.

BACA JUGA:Selebrasi 13 Tahun Xiaomi Berinovasi, Hadirkan Promo Spesial Bagi Xiaomi Fans di Indonesia

Perbandingan HyperOS dan MIUI 

MIUI telah menjadi salah satu ikon dari berbagai produk smartphone Xiaomi. Melihat ke belakang, keberadaannya telah hadir sekitar 2010 dan sudah dikembangkan hingga generasi ke-14. Artinya, MIUI sendiri telah hadir bersama produk Xiaomi selama kurang lebih 13 tahun lamanya. 

HyperOS awalnya dirancang sebagai Android Open Source Project. Tetapi, nantinya ia akan diintegrasikan dengan Vela, platform buatan Xiaomi untuk IoT. 

BACA JUGA:Spesifikasi dan Harga Xiaomi Watch 2 Pro, Ditenagai Prosesor Snapdragon

Melihat riwayatnya, HyperOS sejatinya sudah dikembangkan sejak 2014. Perancangannya didasarkan ketika IoT mulai bermunculan di dunia. Meski belum diketahui secara pasti, sejumlah bocoran dari HyperOS telah bermunculan di media sosial. 

Pada beberapa tangkapan layar yang diklaim sebagai bocoran HyperOS, ada beberapa opsi penyesuaian yang dibawa. Salah satunya pada bagian layar kunci.

Pengguna nantinya lebih leluasa memilih jenis tema, jam, widget, hingga penyesuaian wallpaper yang rinci. Kemudian, pusat kendalinya juga dikatakan bakal lebih sederhana dibandingkan MIUI. 

Namun, perlu diingat bahwa klaim bocoran tersebut belum bisa dipastikan kebenarannya. Kemungkinan, sedikit rincian perihal HyperOS ini bisa diketahui saat perilisan Xiaomi

Sumber: