Doa di Antara Dua Khutbah Jumat, Waktu Mustajab bagi Umat Islam

Doa di Antara Dua Khutbah Jumat, Waktu Mustajab bagi Umat Islam

ilustrasi--

SURABAYA, MEMORANDUM - Khutbah jumat adalah salah satu syarat pelaksanaan sholat jumat yaitu dilakukan sebanyak dua kali.

Khutbah jumat yang pertama dengan kedua harus dipisah dengan duduk. Artinya, sebelum menyampaikan khutbah kedua, khatib harus duduk terlebih dahulu. 

BACA JUGA:Doa di Hari Jumat Pagi dan Sore, Arab Latin dan Artinya

Sementara itu, para jamaah dianjurkan memperbanyak membaca doa. Sebab waktu di antara dua khutbah jumat adalah waktu yang mustajab untuk berdoa.

Doa di Antara Dua Khutbah

Sebenarnya tidak ada doa khusus yang dibaca pada waktu tersebut. Para jamaah bisa berdoa memohon apapun baik persoalan duniawi maupun akhirat. Doa di antara dua khutbah jumat harus dibaca dengan suara pelan dan rahasia, agar tidak mengganggu kekhusyukan jamaah lain.

BACA JUGA:Waktu Mustajab di Hari Jumat

  • Doa Sayyidul Istighfar merupakan doa paling utama dari doa istighfar lainnya. Berikut ini bacaan doa Sayyidul Istighfar yang dapat diamalkan di antara dua khutbah Jumat.

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ. أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ. أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ. وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ. فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ

“Allahumma anta rabbi, la ilaha illa anta khalaqtani. Wa ana ‘abduka, wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa‘dika mastatha‘tu. A‘udzu bika min syarri ma shana‘tu. Abu’u laka bini‘matika ‘alayya. Wa abu’u bidzanbi. Faghfirli. Fa innahu la yaghfirudz dzunuba illa anta.”

Artinya: “Hai Tuhanku, Engkau Tuhanku. Tiada tuhan yang disembah selain Engkau. Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku berada dalam perintah iman sesuai perjanjian-Mu sebatas kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang kuperbuat. Kepada-Mu, aku mengakui segala nikmat-Mu padaku. Aku mengakui dosaku. Maka itu ampunilah dosaku. Sungguh tiada yang mengampuni dosa selain Engkau.

BACA JUGA:Kumpulan Doa Hari Jumat Penuh Berkah, Amalkan agar Dilancarkan Rezeki dan Dimudahkan Urusannya

  • Keutamaan dari Sayyidul Istighfar, yaitu sebagaimana sabda Rasulullah saw. berikut yang terdapat dalam hadis riwayat Imam Bukhari dari Syaddad bin Aus.

"Siapa yang membaca sayyidul istighfar di sore hari, lalu ia meninggal di malam itu, niscaya ia termasuk penghuni surga. Demikian juga berlaku bagi mereka yang membaca sayidul istighfar di pagi hari, lalu wafat di hari itu juga, niscaya ia termasuk penghuni surga," demikian sabda Rasulullah saw.

Sumber: