Cegah Kecelakaan Kereta Api di Lamongan, Ini Langkah PT KAI

Cegah Kecelakaan Kereta Api di Lamongan, Ini Langkah PT KAI

Sosialisasi serta edukasi oleh Satlantas Polres Lamongan, Dishub dan PT. KAI beberapa waktu lalu-Biro Lamongan-

LAMONGAN, MEMORANDUM - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8 Surabaya dan Pemerintah Kabupaten Lamongan terus berupaya mencegah terjadinya kecelakaan di perlintasan sebidang. Salah satunya dengan menggelar sosialisasi secara berkala.

Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Lukman Arif, mengatakan bahwa sosialisasi tersebut merupakan inisiasi Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur dengan Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Timur, PT KAI Daop 8 Surabaya, dan Polres Lamongan.

"Sosialisasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memahami dan mentaati peraturan perkeretaapian guna mengurangi korban kecelakaan," kata Lukman Arif.

Selain itu, KAI juga sering meninjau ke perlintasan-perlintasan tak terjaga dan langsung ke pengendara jalan. Lukman Arif mengimbau kepada masyarakat yang melintas untuk tetap waspada dan berhati-hati serta mematuhi peraturan yang telah diterapkan demi keselamatan.

BACA JUGA:Kecelakaan Kereta Api Kembali Terjadi di Lamongan, Tiga Tewas

Sementara itu, Kanit Kamsel Satlantas Polres Lamongan, Ipda Susilo Adjie, mengatakan bahwa masalah perlintasan sebidang memang merupakan permasalahan yang kompleks. Idealnya, perlintasan kereta api dibangun dengan model flyover atau underpass. Namun, karena keterbatasan anggaran negara, hal tersebut belum terealisasi.

Ipda Susilo Adjie menjelaskan, di Kabupaten Lamongan terdapat 55 jalur perlintasan sebidang, yang terdiri dari 6 perlintasan liar, 16 perlintasan resmi tidak berizin namun tidak terjaga, dan 33 perlintasan resmi berizin dan ada penjaganya.

Pemerintah Kabupaten Lamongan sendiri telah melaksanakan pembangunan palang pintu otomatis sebanyak 9 unit. Selain itu, upaya sosialisasi dan edukasi juga telah dilakukan oleh Sat Lantas, Dishub, dan PT KAI.

"Seperti halnya, melaksanakan pembinaan Kepala Desa, Kepala dusun dan warga disepanjang perlintasan kereta api di Kabupaten Lamongan tentang keselamatan dijalur perlintasan sebidang," kata Ipda Susilo Adjie.

BACA JUGA:Pemotor Tewas Tertabrak Kereta Api di Lamongan

"Semoga upaya-upaya yang dilakukan dapat membuahkan hasil dan angka kecelakaan di perlintasan sebidang dapat ditekan," harapnya.(pul)

Sumber: