Pengamat: Mahfud MD Bisa Dongkrak Elektoral Ganjar Pranowo di Kalangan Milenial dan Nahdliyin

Pengamat: Mahfud MD Bisa Dongkrak Elektoral Ganjar Pranowo di Kalangan Milenial dan Nahdliyin

pakar politik dan peneliti Surabaya Survey Center (SSC) Surokim Abdus Salam,--

SURABAYA, MEMORANDUM - Keputusan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memilih Mahfud MD sebagai cawapres pendamping capres Ganjar Pranowo pada Pemilu 2024 dinilai sebagai keputusan yang tepat. 

Hal ini disampaikan oleh pakar politik dan peneliti Surabaya Survey Center (SSC) Surokim Abdus Salam, Kamis, 19 Oktober 2023.

Menurutnya, Mahfud MD bisa mendongkrak elektoral Ganjar. Terutama di kalangan milenial dan nahdliyin di wilayah Jawa Timur. 

“Pak Mahfud dengan segenap integritas, pengalaman dan ketokohannya bisa memperkuat Ganjar dan juga sesuai kebutuhan saat ini. Selain itu, beliau punya pengalaman yang relatif lengkap baik di legislatif, eksekutif maupun yudikatif,” ulas Surokim.

BACA JUGA:Jadi Cawapres Ganjar Pranowo, Mahfud MD: Saya Tidak Keluar Uang Sepeserpun

“Beliau juga tokoh nahdliyin yang tidak diragukan lagi loyalitasnya kepada Gus Dur. Sikapnya sederhana, lugas, tegas dan apa adanya relatif disukai pemilih milenial,” sambung dia.

Dosen komunikasi politik Universitas Trunojoyo Madura (UTM) ini mengatakan, selain karena potensi elektoral yang bisa menambal kekurangan Ganjar, Mahfud MD dipilih karena ketokohannya.

Menurutnya, potensi elektoral berkat ketokohan Mahfud MD menjadi pertimbangan PDIP memilih Mahfud MD. 

“Pertarungan di Jatim tetap akan sengit dan menentukan. Namun jika cermat mengamati data swing dan undecided voters pemilih Jatim masih tinggi. Masih di atas 30 persen pemilih yang belum fix menentukan pilihan sejauh ini,” bebernya.

BACA JUGA:Profil Mahfud MD, Cawapres PDIP Dampingi Ganjar Pranowo

Surokim menambahkan, Mahfud MD diharapkan bisa menguatkan ceruk pemilih nahdliyin di segmen tersebut. Terlebih, Jatim merupakan basis dan Mahfud MD juga punya ikatan langsung dengan kultur nahdliyin.

“Wabil-khusus pendukung Gus Dur,” kata Wakil Rektor III UTM ini.

Surokim juga mengungkapkan, Mahfud dengan segenap integritas, pengalaman dan ketokohannya akan memperkuat Ganjar. Mahfud, menurut Surokim, merupakan sosok pemimpin bangsa yang dibutuhkan Indoensia saat ini. 

Mengacu pada kondisi dan konteks saat ini, Indonesia membutuhkan tokoh yang kuat untuk dapat mewujudkan kedaulatan hukum. Telaah Surokim, sosok Mahfud termasuk tokoh yang punya kapasitas dan intergritas untuk itu. 

Sumber: