Saham Apple Anjlok, CEO Tim Cook Turun Gunung

Saham Apple Anjlok, CEO Tim Cook Turun Gunung

Apple CEO praises China's innovation--

MEMORANDUM - Larangan penggunaan iPhone yang dikeluarkan pemerintah China untuk perangkat negara sukses memicu kekhawatiran para investor perusahaan. Larangan ini terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara AS dan China, yang terperosok dalam perang teknologi. 

Larangan yang diberlakukan China terhadap merek perangkat asing di lembaga-lembaga pemerintah sesungguhnya tak jauh berbeda dengan larangan yang diterapkan di AS, misalnya larangan di New York terhadap aplikasi TikTok.

BACA JUGA:Rilis Malam Ini, Apple User Indonesia Tak Sabar Download IOS 16

Dikutip dari laman Bisnistekno bahwa pemerintah China melarang seluruh pejabat negara hingga pekerja BUMN untuk menggunakan iPhone dalam pekerjaan mereka. 

Intervensi pemerintah China dalam ketegangan teknologi ini sempat menyalakan kekhawatiran para investor Apple. 

Pasalnya, saham perusahaan Apple mengalami penurunan nilai hingga US$200 miliar atau sekitar Rp3.060 triliun pasca pelarangan penggunaan iPhone untuk pejabat China.

BACA JUGA:Simak Keunggulan Apple Watch Series 8 Terbaru

BACA JUGA:IPhone 11 Turun Drastis, Diskon iBox hingga 20 Persen, Mau Tahu Harganya?

CEO Apple, Tim Cook melakukan kunjungan mendadak ke China. Kunjungan Cook menggarisbawahi betapa pentingnya pasar China bagi iPhone di saat mereka menghadapi tantangan yang makin besar.

Banyak rumor beredar kunjungan CEO Apple ke pasar terbesar ketiga ini dilakukan di saat Huawei berupaya untuk kembali merajai pasar smartphone di Negeri Tirai Bambu.

Belum bisa dipastikan apakah rumor tersebut benar atau tidak. Namun yang jelas, di China, Cook sempat berkunjung ke sebuah Apple Store di wilayah Chengdu dan berbicara dengan pegawai yang ada di toko tersebut. 

Sumber: