Pj Wali Kota Malang Dorong Peran Masjid Ciptakan Ketahanan Ekonomi Keluarga

Pj Wali Kota Malang Dorong Peran Masjid Ciptakan Ketahanan Ekonomi Keluarga

Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat mendorong penguatan peran masjid untuk ketahanan ekonomi keluarga.-Biro Malang Raya-

MALANG, MEMORANDUM - Persoalan sosial kemasyarakatan yang berkaitan dengan ekonomi menjadi perhatian Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat saat hadir dan memberikan sambutan pada acara forum group discussion (FGD) bertema ‘Penguatan Ketahanan Ekonomi Keluarga Berbasis Masjid, di Hotel Pelangi Kota Malang, Rabu, 18 Oktober 2023.

Acara ini diinisiasi Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Malang yang berkolaborasi dengan Kemenag Kota Malang, PCNU Kota Malang, DMI Kota Malang serta Badan Koordinasi Majelis Taklim Masjid Kota Malang.

Wahyu menyampaikan fenomena yang terjadi saat ini sangat kompleks dibandingkan beberapa tahun lalu yang pola hidup masyarakat cenderung stabil. 

“Sekarang kita banyak dihadapkan pada kompleksitas masalah, bila kita bandingkan 20-30 tahun yang lalu sudah tentu sangat berbeda karena belum semaju seperti sekarang," kata Wahyu.

Perubahan pola hidup menjadi faktor utama yang memiliki andil besar menurunkan ketahanan ekonomi suatu keluarga. 

Disebutkan, maraknya kredit, rentenir, dan pinjaman online juga karena obsesi yang berlebihan dari masyarakat. Belum lagi permasalahan seperti kemiskinan, stunting yang juga merupakan dampak perkembangan zaman dan membutuhkan sinergi berbagai pihak untuk dituntaskan.

Karena itu, menangkap semua fenomena dan permasalahan ini, Wahyu mengatakan masjid memiliki peran yang luar biasa dalam memberikan penguatan kepada umat. Masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah dan dakwah tetapi juga sebagai tempat menyelesaikan berbagai permasalahan umat.

“Banyak permasalahan yang dihadapi sehingga menurunkan ketahanan ekonomi keluarga. Ini diperparah dengan maraknya rentenir dan pinjaman online yang dampaknya tidak baik. Belum lagi masalah kemiskinan dan stunting yang menjadi PR bersama, ini butuh uluran tangan dan sinergi berbagai pihak khususnya masjid," terangnya.

Masjid menurutnya memiliki peran untuk penguatan pada umatnya. 

"Menurut saya, masjid memiliki peran yang luar biasa untuk bisa diberdayakan dan memberikan penguatan kepada umat. Selain fungsi masjid sebagai tempat ibadah dan dakwah, masjid juga sebagai tempat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi umat," harap Wahyu.

Untuk itu, momen FGD ini diharapkan sinergitas Pemkot Malang dengan DMI mampu menjadi senjata ampuh mengembalikan lagi ketahanan ekonomi keluarga pada jalur yang semestinya. Sistematika langkah yang dilakukan bisa efektif membantu masyarakat menyelesaikan permasalahannya.

“Saya harapkan sinergitas ini (Pemkot Malang dan DMI, red) mampu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi masyarakat. Langkah yang dilakukan perlu sistematis dengan pendekatan yang tepat kepada masyarakat. Saya yakin langkah ini efektif karena dengan diperkuat DMI harapan saya penguatan yang diberikan mampu menciptakan ketahanan ekonomi keluarga di Kota Malang,” kata Wahyu. (*)

 

Sumber: