Penyebab Kaki Bengkak dan Cara Menanganinya

Penyebab Kaki Bengkak dan Cara Menanganinya

Penyebab kaki bengkak--

SURABAYA, MEMORANDUM - Pembengkakan pada kaki, tungkai, dan pergelangan kaki biasa juga dikenal sebagai edema perifer, yang mengacu pada akumulasi cairan di bagian tubuh tersebut. 

Penumpukan cairan pada daerah tersebut biasanya tidak akan terasa sakit, kecuali penumpukan cairan tersebut disebabkan oleh cedera.

BACA JUGA:Manfaat Menghirup Udara Segar di Pagi Hari, Baik Bagi Kesehatan Mental dan Fisik

Berikut ini adalah kondisi atau penyakit yang bisa menyebabkan mata kaki menjadi bengkak:

1. Selulitis

Selulitis adalah infeksi bakteri di kulit dan jaringan lunak di bawahnya yang umumnya terjadi di kaki. Kondisi ini membuat aliran darah menuju area yang terinfeksi meningkat dan menyebabkan penumpukan darah serta cairan, sehingga kaki menjadi bengkak.

2. Varises

Gangguan pada pembuluh darah vena, seperti varises dan insufisiensi vena kronis, dapat menyebabkan pembuluh darah vena melemah atau rusak. Akibatnya, aliran darah terganggu dan membuat mata kaki menjadi bengkak.

BACA JUGA:Tanaman Obat: Meningkatkan Kesehatan dan Kesejahteraan Manusia

3. Cedera

Cedera pada otot, ligamen, atau tendon di pergelangan kaki merupakan penyebab umum mata kaki bengkak. Cedera ini bisa terjadi akibat terjatuh atau keseleo

4. Duduk atau berdiri terlalu lama

Terlalu lama duduk atau berdiri dalam posisi tertentu dapat menghambat aliran darah di kaki. Hal ini bisa menyebabkan penumpukan cairan di kaki, sehingga mata kaki menjadi bengkak.

5. Infeksi kulit akibat luka

Sumber: