Pemkab Lamongan Gelar Wasbang Pembinaan Purna Tugas Paskibraka

Pemkab Lamongan Gelar Wasbang Pembinaan Purna Tugas Paskibraka

Pembinaan purna tugas Paskibraka dibekali wawasan kebangsaan di Meeting Room Lt. 1 Grand Mahkota, Kabupaten Lamongan,--

LAMONGAN, MEMORANDUM - Pemerintah Kabupaten Lamongan, melalui Badan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) bersama Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lamongan berkolabrasi dengan Komando Distrik Militer (Kodim) 0812 Lamongan menggelar pembinaan purna Paskibraka di Meeting Room Lt. 1 Grand Mahkota., pada Rabu 11 Oktober 2023.

Kepala Bakesbangpol Lamongan, Dianto Hari Wibowo mengatakan, pembinaan pada purna Paskibraka, di bidang ideologi dalam wawasan kebangsaan, dan ketahanan ekonomi, sosial, budaya serta agama ini digelar merupakan bentuk rasa sayang kepada purna Paskibraka.

Hal ini karena, purna Paskibraka yang telah melaksanakan tugas mulai dari upacara pengibaran Bendera Merah Putih hingga penurunan pada Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekan Republik Indonesia ke- 78 di Kabupaten Lamongan tahun 2023.

Dianto mengingatkan, kepada para peserta purna Paskibraka bahwa mereka adalah calon pemimpin bangsa dan negara ini ke depan, sehingga diperlukan pembinaan untuk mencintai tanah air Indonesia serta bisa menjadi lebih baik lagi.

Sebagai narasumber, Komandan Kodim (Dandim) 0812 Lamongan menyampaikan mengenai wawasan kebangsaan dan bela negara.

Di antaranya ia menegaskan, selain memaparkan materi bidang ideologi dalam wawasan kebangsaan dan bela negara, ketahanan ekonomi, sosial, budaya serta agama.

Disampaikan juga melalui pemberian motivasi serta yel-yel sebagai bekal para peserta menjadi generasi emas 2045.

Hal senada, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Erwin Sulistya Pambudi menyatakan, kegiatan ini bertujuan agar nilai-nilai wawasan kebangsaan dan Pancasila semakin tertanam pada generasi muda, khususnya anggota purna Paskibraka Kabupaten Lamongan Tahun 2023.

"Selain pembinaan wawasan kebangsaan dan belah negara, tambah Erwin, mengenai Duta Pancasila dan perannya," tambah Erwin sapaannya Kadispora Lamongan dalam hal ini yang didapuk juga sebagai narasumber.

Para peserta yang terdiri dari purna Paskibraka tahun 2023 ini akan bertugas sebagai pasukan pengibar bendera Merah Putih pada peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2023, sebelum nantinya diangkat menjadi Purna Paskibraka Duta Pancasila.

Salah satu peran Duta Pancasila nantinya, dijelaskan Erwin, adalah membumikan Pancasila bagi generasi muda, sebuah tantangan di tengah lunturnya penerapan Pancasila generasi muda zaman sekarang.

Kendati demikian, Edwin optimistis apabila Pancasila berhasil dibumikan untuk generasi muda, maka fondasi bangsa ke depan akan kokoh menuju bangsa yang beradab, berbinneka, dan sejahtera.

Sehingga ketika berperan sebagai Duta Pancasila, mereka dapat dengan mudah memberikan penjelasan maupun menjadi teladan bagaimana berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda lainnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Sudarmadi Sekretaris Bakesbangpol, Sapari Kabid Ideologi, Wasbang, dan Ketahanan Ekososbudag Bakesbangpol.

Sumber: