Penyelundupan Smartphone ke Lapas Kelas IIB Tulungagung Gagal

Penyelundupan Smartphone ke Lapas Kelas IIB Tulungagung Gagal

BB yang gagal diselundupkan ke lapas Tulungagung.--

TULUNGAGUNG, MEMORANDUM - Ada upaya penyelundupan smartphone lengkap dengan charger dan headset ke Lapas Klas IIB Tulungagung, tetapi gagal.

Meskipun barang selundupan itu sudah masuk ke area lapas, namun keburu diketahui oleh petugas.

Hal tersebut dikatakan oleh Kapalas Klas IIB Tulungagung Raden Budiman Kusumah.

"Smartphone dan chargernya, berupaya diselundupkan oleh pihak luar kepada warga binaan Lapas Kelas IIB Tulungagung. Ini diketahui petugas jaga pada Jumat lalu," terangnya, Senin (9/10).

BACA JUGA:Lapas Tulungagung Gandeng BNN Tes Urine Pengunjung Mencurigakan

Budiman melanjutkan, kini barang tersebut disita untuk dilakukan pengembangan.

Dijelaskan Budiman, upaya penyelundupan diketahui oleh Kepala Regu Pengamanan yang melaksanakan kontrol keliling. Petugas melihat benda mencurigakan di area brandgang lapas.

"Brandgang adalah ruang khusus selebar lebih kurang 3 meter yang mengelilingi bangunan lapas dan berada di dalam lapas, sehingga memisahkan tembok tahanan dengan dinding luar," ungkapnya.

Budiman menceritakan, benda tersebut berupa bungkusan berwarna hitam sebesar sandal orang orang dewasa. Temuan itu kemudian dilaporkan kepada pihaknya lalu dibuka secara bersama - sama.

"Di dalam bungkusan itu kita dapati satu smartpone, satu charger, serta satu headset," ucapnya.

Budiman mengapresiasi kinerja petugas yang terus berjaga dengan kewaspadaan tinggi, untuk meminimalkan potensi terjadinya kericuhan di dalam lapas maupun masuknya barang ilegal dari luar lapas.

"Terima kasih pada petugas pengamanan yang tetap waspada dan rutin melakukan kontrol keliling dengan teliti, sehingga berhasil mengamankan barang terlarang melalui pelemparan di brandgang,” tutur Budiman. 

Pihaknya berharap, petugas dapat meningkatkan kewaspadaan dan ketelitian dalam melakukan deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban di seluruh area Lapas Tulungagung.(fir/mad)

Sumber: