8 Makanan Khas Surabaya yang Wajib Dicoba

8 Makanan Khas Surabaya yang Wajib Dicoba

8 Makanan Khas Surabaya yang Wajib Dicoba. Mana yang belum kamu coba?--

SURABAYA, MEMORANDUM -  Surabaya, ibu kota Jawa Timur, dikenal sebagai kota metropolitan yang memiliki banyak tempat wisata dan kuliner yang menarik.

Salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Surabaya adalah mencicipi makanan khasnya yang lezat dan menggugah selera.

Berikut adalah beberapa makanan khas Surabaya yang wajib dicoba:

1.    Rawon
Makanan satu ini mudah dikenali karena warna kuah hitamnya yang berasal dari kluwek.

Isinya sendiri terdiri dari daging sapi bagian paha atau sandung lamur yang dipotong kecil atau disuwir.

Rawon biasanya disajikan dengan nasi, tauge, telur asin, dan kerupuk udang sebagai pelengkapnya.

2.    Rujak Cingur
Rujak cingur adalah makanan khas Surabaya yang terbuat dari irisan buah-buahan, sayuran, dan cingur (hidung sapi).

Cingur direbus terlebih dahulu agar tidak amis. Rujak cingur biasanya disajikan dengan sambal petis yang terbuat dari udang rebon, gula merah, dan asam Jawa.

3.    Tahu Campur
Salah satu makanan khas Surabaya yang banyak diburu pecinta kuliner adalah tahu campur.

Makanan ini terdiri dari tahu goreng, lontong, potongan daging sapi, selada, mie kuning, dan toge. Isian macamnya yang cukup banyak ini bisa cukup mengenyangkan.

Tahu campur biasanya disajikan dengan kuah kaldu sapi yang gurih dan segar.

4.    Lontong Balap
Satu porsi Lontong Balap terdiri dari lontong, tauge, dan sambal petis. Lontong Balap biasanya disajikan dengan kuah kaldu ayam yang gurih dan pedas.

Makanan satu ini biasanya dimakan dengan sate kerang yang rasanya melengkapi nikmatnya lontong balap.

Punya nama yang unik, sejarah lontong balap diambil dari para penjualnya yang memikul dagangannya dengan setengah berlari seperti sedang balapan.

5.    Soto Lamongan
Seperti namanya, Soto Lamongan memang merupakan makanan yang berasal dari Lamongan, Jawa Timur.

Namun, makanan satu ini masuk ke dalam rekomendasi makanan khas Surabaya karena Anda akan sangat mudah menemukan warung Soto Lamongan di seluruh penjuruh kota.

Soto Lamongan terdiri dari soto daging sapi atau ayam dengan kuah bening yang gurih dan segar. Soto Lamongan biasanya disajikan saat masih hangat, lengkap dengan nasi, tauge, dan koya.

6.    Nasi Krawu
Makanan khas Surabaya yang satu ini berasal dari Gresik, Jawa Timur. Nasi krawu terdiri dari nasi, suwiran daging sapi, serundeng, dan sambal petis.

Daging sapi yang digunakan biasanya adalah daging sapi bagian sandung lamur yang dimasak dengan bumbu khas krawu yang membuatnya berwarna kuning.

Karena penjualnya yang mudah ditemui, nasi krawu tak jarang dijadikan makanan pilihan untuk sarapan bagi yang tidak sempat memasak.

7.    Tahu Tek
Tahu tek terdiri dari tahu goreng, lontong, taoge, telur, dan sambal kacang dengan campuran petis. Jika Anda menyukai pedas, Anda bisa meminta tambahan cabai sesuai selera.

Tahu Tek umumnya dijual di malam hari menggunakan gerobak dan penjualnya menjual dengan cara berkeliling. Namun, tak sedikit juga penjual Tahu Tek yang memilih membuka warung.

8.    Lontong Kupang
Makanan khas Surabaya lainnya yang wajib dicoba adalah Lontong Kupang. Lontong Kupang sendiri terdiri dari lontong, kupang (sejenis kerang), tauge, dan sambal petis.

Lontong kupang biasanya disajikan dengan kuah kaldu akupang yang gurih dan segar.

Itulah beberapa makanan khas Surabaya yang wajib dicoba. Jika Anda berkunjung ke Surabaya, jangan lupa untuk mencicipi makanan-makanan tersebut. Anda pasti akan puas dan ketagihan. (*)

Sumber: