PPK Ormawa Unej Sulap Tulang Ikan Jadi Nugget dan Snack Sehat

PPK Ormawa Unej Sulap Tulang Ikan Jadi Nugget dan Snack Sehat

Ketua Tim PPK Ormawa Fahriya Yuga Maulida di hadapan para kader pemuda Desa Sumberejo.--

Jember, Memorandum - Tim Program Penguatan Kapasitas (PPK) Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Jember (Unej) menyulap tulang ikan menjadi nugget dan snack sehat, Rabu, 27 September 2023. 

 

Hal ini dilakukan dalam rangka pemberdayaan ibu muda pesisir di Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember.

 

Launching "Gubuk Pemuda Pemberdayaan Ibu Muda Pesisir di Desa Sumberejo guna mewujudkan Desa Sehat Berbasis Komoditas lokal dan meningkatkan ekonomi masyarakat pesisir melalui pemanfaatan limbah tulang ikan

 

Dalam kesempatan tersebut, Dekan FKM Unej dr Farida Wahyu Ningtyas MM Kes didampingi dosen pembimbing PPK Ormawa Unej, Adhista, menerangkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan memanfaatkan kearifan lokal dari tulang ikan untuk diolah makanan bergizi.

 

"Tulang ikan merupakan limbah yang sering dibuang oleh nelayan. Padahal, tulang ikan memiliki kandungan gizi yang tinggi setelah diolah menjadi nugget dan snack sehat, menjadi solusi balita gizi kurang," kata dr Farida.

 

Dari riset tulang ikan mengandung Kalsium yang tinggi bisa menjadi alternatif untuk menambah gizi balita dalam pertumbuhan anak. Tentunya pelatihan dan sosialisasi selama 5 bulan bisa membuat masyarakat mandiri.

 

"Dari lima belas orang mahasiswa dengan dua puluh ibu kader ke depannya membuat dan mengembangkan kelompok kecil-kecil berkolaborasi dengan Pokdarwis Desa Sumberejo," pungkasnya.

 

Sumber: