Personel Polsek Pagu Monitoring Debit Air Sungai

Personel Polsek Pagu Monitoring Debit Air Sungai

Personel Polsek Pagu mengecek debit air sungai yang digunakan aliran irigasi.--

Kediri, Memorandum - Personel Polsek Pagu Polres Kediri mengecek debit air sungai yang digunakan sebagai aliran irigasi di beberapa sungai di wilayah hukumnya, termasuk area persawahan Desa Baye, Rabu, 27 September 2023.

 

Pengecekan debit air Sungai ini merupakan kegiatan yang penting dalam menjaga kestabilan ekosistem sungai.

 

Menanggapi hal tersebut, Kapolsek Pagu AKP suharsono menjelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya harkamtibmas patroli siang hari yang mana termasuk bagian dari kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD). 

 

Melalui anggotanya, Suharsono melakukan patroli mobiling dan mendatangi satu per satu aliran irigasi untuk mengecek kondisi di lapangan, juga berdialog dengan warga sekitar atau petani yang bekerja.

 

"Tujuannya untuk monitoring debit air yang mengalir, terutama saat musim kemarau untuk meminimalisir potensi kekeringan," ucapnya. 

 

Sambung Suharsono, hal ini juga membantu mengetahui seberapa besar aliran mata air yang digunakan masyarakat untuk keperluan irigasi lahan pertanian sehingga dapat dimaksimalkan

 

Selain itu, dirinya menekankan, pengecekan aliran irigasi juga bertujuan untuk menjaga stabilitas dan kualitas air agar tidak tercemar limbah.

"Kami harap aliran air tetap terjaga untuk dipergunakan sebaik mungkin dengan cara pengairan lahan pertanian atau irigasi, kolam ikan dan kebutuhan masyarakat yang lainnya," tutup Suharsono. (nvd/mon/fer)

Sumber: