Berdampingan TPS, Wali Murid SMPN 29 Gresik Keluhkan Belajar Anak Terganggu

Berdampingan TPS, Wali Murid SMPN 29 Gresik Keluhkan Belajar Anak Terganggu

Salah seorang wali murid berusaha memadamkan api di tempat pembuangan sampah dekat SMPN 29 Gresik.--

Gresik, Memorandum - Sekilas tidak ada yang berbeda dari aktivitas belajar mengajar di UPT SMPN 29 Gresik, Desa Laban, Kecamatan Menganti, Rabu, 27 September 2023.

 

Namun, akhir-akhir ini ternyata muncul keluhan akibat aktivitas di tempat pembuangan sementara (TPS) sampah yang berjarak hanya beberapa meter dari gedung sekolah.

 

Keluhan itu disampaikan oleh seorang wali murid kelas VII. Diceritakan, anaknya mengeluhkan bau tidak sedap dan asap dari pembakaran sampah di TPS tersebut. 

 

"Sempat terjadi kebakaran besar sampai siswa dipulangkan," katanya.

 

Bukan tanpa alasan, aktivitas pembakaran sampah itu menimbulkan asap yang terbawa angin ke arah sekolah. Jarak sekolah yang berdampingan dengan TPS itu pun terdampak imbasnya. Ibu ini mengeluhkan sang anak terganggu saat kegiatan belajar mengajar.

 

"Kasihan anak-anak, lokasinya bersebelahan dengan tempat penampungan sampah, di mana bau sampah dan asap pembakaran dampah mengganggu anak-anak. Anak saya beberapa kali tidak masuk sekolah karena batuk," tukasnya.

 

Wali murid yang enggan disebutkan namanya ini berharap ada tindakan dari instansi terkait khususnya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gresik untuk mengatasi persoalan sampah tersebut. 

 

Sumber: