Operasi Zebra Semeru 2023 Mampu Menekan Jumlah Kecelakaan Tahun Ini

Operasi Zebra Semeru 2023 Mampu Menekan Jumlah Kecelakaan Tahun Ini

Kasat Lantas Polres Kediri Kota AKP Prastya Yana--

Kediri, Memorandum - Angka kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di wilayah Kediri Kota menurut Unit Gakkum Satlantas Polres Kediri Kota menurun.

Berdasarkan data selama digelarnya Operasi Zebra Semeru 2023 selama 14 hari, ada sebanyak sembilan kejadian Laka Lantas di wilayah hukum Polres Kediri Kota.

Tak hanya itu, Jalan Kapten Tendean Kota Kediri sebelumnya menjadi jalur black spot atau rawan kecelakaan lalu lintas, selama operasi tersebut tidak ada kejadian.

Terlebih, jalur tersebut juga tidak dilewati kendaraan berat seperti bus pada umumnya ketika pembangunan Jembatan Alun-Alun Bandar Kota Kediri.

“Jalur dilewati bus saat ini penerangan jalan lebih memadai daripada di jalan Kapten Tendean bergelombang. Itu kemungkinan menjadi salah satu faktor menurunnya angka lantas,” ungkap Kasat Lantas Polres Kediri Kota, AKP Prastya Yana.

Kasat Lantas Polres Kediri Kota AKP Prastya Yana mengatakan, angka laka lantas dalam operasi ini mengalami penurunan hampir 50 persen karena ada Sembilan kejadian.

Sedangkan, pada tahun lalu cenderung meningkat karena ada 17 kejadian. Dari sembilan kejadian itu, tidak ada korban fatalitas atau meninggal dunia maupun luka berat.

“Hanya saja korban yang terlibat mengalami luka ringan dan kerugian material,” jelas Prastya.

Lebih lanjut, Prastya Yana menyampaikan, lokasi laka lantas sendiri mayoritas terjadi di timur sungai yang rata-rata berada di Jalan Hasanudin Kota Kediri.

Sedangkan, turunnya angka laka lantas berdasarkan hasil analisanya dikarenakan ada beberapa faktor yang pertama dari kegiatan polisi menggelar Operasi Zebra Semeru maupun sosialisasi tentang keselamatan berkendara.

"Ada juga pergeseran lalu lintas barang berat seperti bus sebelumnya melewati Jalan Kapten Tendean, kini sudah beralih ke trayek lama di Jembatan Alun-Alun Bandar,” tutupnya.(nvd/mon)

Sumber: