Bukan Cuma Anggora, Ini 10 Jenis Kucing yang Tak Kalah Menggemaskan!

Bukan Cuma Anggora, Ini 10 Jenis Kucing yang Tak Kalah Menggemaskan!

Meskipun Anggora menjadi salah satu jenis kucing yang umum dipelihara, ada jenis lain yang tak kalah lucu.--

SURABAYA, MEMORANDUM -  – Memelihara kucing menjadi salah satu cara pereda stress. Kucing juga merupakan hewan peliharaan yang menggemaskan dan menyenangkan untuk dijadikan teman di rumah.

Meskipun Anggora menjadi salah satu jenis kucing yang umum dipelihara, ada jenis lain yang tak kalah lucu. Berikut ini 10 jenis kucing menggemaskan yang bisa menjadi peliharaan di rumah:

1.    Kucing Ragdoll
Ragdoll merupakan salah satu jenis kucing yang memiliki sifat jinak dan anggun seperti boneka. Kucing jenis ini cenderung bersifat tenang, santai, penyayang dan sangat manja.

Karakteristik tubuhnya hampir sama dengan jenis Kucing Persia dan Siam dari matanya yang biru sampai wajah dan pipinya yang bulat. Dadanya lebar berotot dengan tulang kaki yang kuat dan tengkoraknya juga besar.

2.    Kucing Persia
Kucing Persia menjadi salah satu jenis yang banyak dipelihara. Fisiknya yang memiliki bulu panjang lebat dan wajah bulat menjadikannya tampak sangat menggemaskan.

Kucing Persia memiliki karakter yang ramah dan mudah bergaul, jadi cocok jadi teman bermain. Jenis kucing ini juga memiliki kebiasaan yang lemah lembut, ramah, santai periang, dan cerdas.

3.    Kucing Siam
Kucing Siam memiliki 3 jenis, yakni Kucing Siam klasik, Kucing Siam Tradisional, dan Kucing Siam Modern.

Kucing Jenis ini memiliki karakteristik bentuk tubuh yang ramping, ekor panjang, mata biru, dan bulunya pendek bertitik gelap pada muka, telinga, ekor, dan kakinya.

Kucing ini memiliki corak yang unik yakni dengan mata biru, titik gelap dibagian wajah, tubuh ramping, ekor panjang, dan bulunya pendek.

4.    Kucing Himalaya
Kucing Himalaya merupakan hasil persilangan antara kucing siam dengan kucing persia. Kucing ini memiliki ciri khas berupa tubuh gemuk besar, dan bulat dengan kaki yang pendek seperti kucing persia.

Seperti kucing siam, kucing Himalaya juga memiliki bulu berwarna putih, mata berwarna biru, dan juga titik gelap di bagian wajah dan kaki.

Kucing himalaya adalah kucing yang aktif, senang bermain, dan tidak senang bermalas-malasan. Kucing ini adalah kucing yang cerdas, tenang, lembut, komunikatif, dan manis seperti kucing persia.

5.    Kucing Munchkin
Kucing Munchkin memiliki ciri khas bentuk tubuh yang unik, yakni tubuh mungil meskipun usianya sudah dewasa. Bentuk kaki pun pendek dan mungil. Karakter sifat kucing cukup pendiam dan manja. Kucing Munchkin sangat cocok dijadikan hewan peliharaan yang menggemaskan.

6.    Kucing Anggora
Jenis kucing lain yang umum dipelihara adalah kucing angora. Meskipun kucing jenis ini mirip dengan Persia, Kucing Anggora memiliki ciri khas pada bentuk kepalanya yang segitiga berbulu lebat menyerupai singa dengan hidung yang lebih mancung dari kucing jenis lainnya,


7.    Kucing British Shorthair
Kucing jenis ini memiliki bulu yang khas dan halus, mata yang besar dan kepala yang bulat. Bahkan Kucing British Shorthair ini juga mudah untuk dirawat.

Mereka sangat menyukai kedamaian dan keheningan, itulah sebabnya mereka sering disebut kucing yang mandiri.

8.    Kucing Maine Coon
Kucing jenis ini merupakan salah satu ras kucing terbesar yang dapat dipelihara di rumah. Kucing Maine Coon dewasa bisa tumbuh hingga sepanjang 1,2 meter dan memiliki tinggi 40 cm.

Sifatnya yang lembut dan penyayang akan membuat Kucing Maine Coon sangat cocok jadi hewan peliharaan. Kucing jenis ini juga setia pada pemiliknya.

9.    Kucing Bengal
Keunikan Kucing Bengal terletak pada coraknya yang mirip macan tutul karena memang masih satu keluarga dengan macan tutul.

Namun tak perlu khawatir karena kucing ini cenderung jinak dan sangat ramah ketika dipelihara.

10.    Kucing Domestik
Sering kali disebut juga dengan kucing kampung, Kucing Domestik menjadi kucing yang paling banyak ditemui bahkan di jalanan.

Kucing kampung juga jenis kucing yang mudah untuk dipelihara. Kucing kampung juga tidak memerlukan perawatan khusus layaknya kucing ras lain yang mempunyai karakteristik khas.

Meskipun begitu, jika dirawat dengan baik kucing jenis ini juga tak kalah menggemaskan dengan jenis kucing lainnya.

Nah, itu dia 10 jenis kucing menggemaskan yang bisa Anda pelihara di rumah. Perlu diingat bahwa jenis apapun yang Anda pelihara, semua akan tampak lucu jika dirawat dengan baik dan penuh kasih sayang. (*)

Sumber: