Polres Bangkalan Tes Kesamaptaan Jasmani Periode II

Polres Bangkalan Tes Kesamaptaan Jasmani Periode II

Personel Polres Bangkalan melakukan tes kesamaptaan jasmani periode II.--

Bangkalan, MemorandumPolres Bangkalan menggelar tes kesamaptaan jasmani (TKJ) periode II bagi puluhan anggota di lingkup Polres Bangkalan, Senin 18 September 2023.

Dipimpin Kabag SDM Kompol Hartanta, tes TKJ ini untuk mengukur kebugaran dan kemampuan fisik personel polres untuk periode waktu tertentu.

“Makanya tesTKJ ini rutin setiap 6 bulan sekali. Untuk tahun 2023 kali ini, kami laksanakan tes periode kedua, “ kata Hartanta.

Sebelum menjalani tes, setiap anggota harus regestrasi dengan mengisi formulir pedaftaran sebagai peserta di meja panitia. 

Ketentuan tersebut secara berlaku bagi seluruh personel Polres Bangkalan dan polsek jajaran. Materi tes TKJ ini cukup variatif. Ada aerobik lari 12 menit, push up, sit up, pull up, serta shuttle run atau lari mengitari lintasan angka 8.

Menu tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan fisik masing-masing anggota peserta, baik dari sisi endurance (stamina), strenght (kekuatan otot), flexibility (kelenturan) tubuh setiap anggota.

"Hasil tes TKJ ini akan disandingkan dengan hasil tes serupa pada pada periode pertamaenam bulan lalu,” tandas Hartanta.

Dengan demikian, akan diketahui secara pasti dan terukukur, siapa saja anggota yang mampu memperhahankan stabilitas kebugaran fisik mereka, atau bahkan mengalami peningkatan, atau malah penurunan.

"Bagi anggota yang terbukti stagnan (penurunan, red) kemampuan fisik, kami anjurkan rutin melakukan jogging seperti lari-lari kecil, push up, sit up, pull up, dan lainnya secara mandiri,” tandas Hartanta. 

Setidaknya bisa dilakukan seminggu dua atau tiga kali. Dengan demikian, kadar kualitas kebugaran dan kemampuan fisik anggota akan kembali meningkat. dan diupayakan agar tetap terpelihara dari waktu ke waktu. 

Upaya untuk memelihara kesehatan serta kebugaran fisik merupakan bagian dari kewajiban setiap anggota Polri.

Ketentuan ini berkait erat dengan tugas Polisi sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat. Termasuk dalam konteks peran dan fungsi Polri untuk menjaga dan mengawal harkamtibmas di garda terdepan.

Itu sebabnya, bagi anggota Polres yang mobilitas tugas lapangannya relatif tinggi, seperti personel Satreskrim, Satlantas, Satsabhara, Satintelkam, Bhabinkantibmas dan satuan fungsi lainnya, berkewajiban untuk memelihara, dan kesehatan serta kebugaran fisik mereka.

"Selain bisa diterapkan rutin secara mandiri oleh setiap anggota, upaya untuk melakukan kroscek kadar kualitas kebugaran fisik mereka, bisa kita deteksi melalaui rutinitas giat TKJ  setiap 6 bulan sekali," pungkas Hartanta. (ras/fer)

Sumber: