Perkara Kecelakaan Bisa Diselesaikan lewat E-Restorative Justice

Perkara Kecelakaan Bisa Diselesaikan lewat E-Restorative Justice

Kapolres Pasuruan AKBP Bayu Pratama Gubunagi memberikan potongan tumpeng kepada Kasatlantas AKP Yudhi Anugrah Putra.--

Pasuruan, Memorandum - Polres Pasuruan kembali meluncurkan inovasi baru. Setelah meluncurkan SIM Walk Thru dan e-konfirmasi tilang, kini Satlantas Polres Pasuruan meluncurkan E-RJ. Yakni Restorative Justice Online. 

Menariknya, launching E-RJ ini digelar di tengah lautan manusia saat car free day (CFD) di Pandaan, Minggu (17/9) pagi. 

E-RJ ini merupakan program inovasi digitalisasi dalam penegakan hukum di bidang lalu lintas.  E-RJ diadakan untuk penyelesaian perkara kecelakaan lalu lintas di ruang digital. Hal ini merupakan terobosan besar dalam digitalisasi penegakan hukum dan keadilan di dunia lalu lintas. 

“Tentunya dengan pendekatan yang inovatif dan berbasis teknologi. Kita dapat menciptakan sistem yang lebih adil dan efisien," tandas Kapolres AKBP Bayu Pratama Gubunagi dalam sambutan di car free day Pandaan. 

E-RJ ini diluncurkan dalam rangka Hari Lalu Lintas ke-68. Satlantas Polres Pasuruan menggelar semarak Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-68 tahun 2023. Mengambil tema "Modernisasi Pelayanan Polantas Presisi Mengawal Pemilu Damai Untuk Indonesia Maju". Acara dipusatkan di depan warung makan Ikan Bakar Cianjur (IBC) Pandaan.

Kapolres Pasuruan AKBP Bayu Pratama Gubunagi saat itu didampingi Kasatlantas AKP Yudhi Anugrah Putra memimpin jalannya acara tersebut. Turut hadir pula Wakapolres Kompol Hendry Ferdinand Kennedy, Kapolsek Pandaan, instansi terkait, tokoh agama, dan anggota Satlantas Polres Pasuruan.

Acara diawali dengan tarian tradisional. Kemudian ddilanjutkan sambutan Kapolres Pasuruan. 

“Dalam rangka memperingati Hari Lalu Lintas ke-68 ini, Satlantas Polres Pasuruan telah melakukan beberapa rangkaian kegiatan untuk masyarakat,” cetus kapolres. 

Beberapa kegiatan yang sudah dilakukan Satlantas di antaranya bakti sosial pemberian air bersih di wilayah yang mengalami kekeringan. Lalu, pemberian tali asih kepada korban kecelakaan. Bakti sosial kepada warga kurang mampu. Bakti religi di tempat-tempat ibadah. 

“Dan kesempatan ini, kami menggelar pelayanan publik SIM keliling dan Samsat keliling," jelasnya. 

Dalam car free day kemarin, Polres Pasuruan juga menggandeng Jasa Raharja untuk memberikan pengobatan gratis bagi peserta CFD. Selain pengobatan gratis untuk masyarakat, juga diserahkan beberapa piagam penghargaan oleh Kapolres Pasuruan kepada masyarakat Mitra Polri. 

Penghargaan ini diberikan sebagai wujud kontribusi positif terhadap terciptanya kamseltibcarlantas yang kondusif di wilayah hukum Polres Pasuruan. Selain itu juga diberikan hadiah bagi anak-anak pemenang lomba mewarnai. 

Dalam acara tersebut, juga dilakukan pemotongan tumpeng oleh Kapolres Pasuruan. Ini sebagai wujud tasyakuran atas terselenggaranya Semarak Hari Lalu Lintas ke-68 Satlantas Polres Pasuruan. Juga launching E-RJ secara simbolis dengan ditandai pelepasan balon udara.

Dalam kesempatan tersebut, kapolres juga menyebut data kecelakaan yang terbilang cukup tinggi. Misalnya, pada periode Januari-Agustus 2023 , angka kecelakaan mencapai 832 kasus. Dari data itu, yang telah berhasil diselesaikan melalui restorative justice sebanyak 749 kasus.

Sumber: