Hutan Waduk Bening Terbakar, Diatasi dalam Simulasi

Hutan Waduk Bening Terbakar, Diatasi dalam Simulasi

Simulasi pemadaman api di kawasan hutan Waduk Bening Widas, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun.--

Madiun, Memorandum - Api berkobar di kawasan hutan Waduk Bening Widas, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, Jumat (15/9/2023). Si jago merah membakar ranting dan semak belukar yang kering akibat musim kemarau. 

Peristiwa Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) berhasil dipadamkan, setelah petugas Satbrimob Polda Jatim bersama BPBD dan Pemadam Kebakaran (Damkar) bergerak cepat. 

Selain mengerahkan armada damkar dari Satpol PP dan Damkar Kabupaten Madiun, kobaran api juga disemprot dengan water cannon milik Satbrimob Polda Jatim. Seperti itulah gambaran Latihan Kemampuan SAR Lanjutan dan Karhutla di Wilayah Jawa Timur. 

Danyon C Pelopor Satbrimob Polda Jatim Kompol Heri Kusnadi mengatakan, latihan kali ini menerjunkan 100 personel Brimob Polda Jatim 4 Batalyon, dengan melibatkan instruktur profesional. 

"Penanganan Karhutla Brimob Pelopor C diharapkan agar kejadian tidak sampai menimbulkan dampak fatal. Pasukan sudah menjalankan simulasi, sesuai dengan skenario yang ada. Mulai ada laporan masuk sampai pasca terjadinya kebakaran," ujarnya.

Menurutnya, pada puncak musim kemarau ini potensi kebakaran sangat mungkin terjadi. Terlebih pada lahan dan hutan banyak ranting dan semak belukar yang mengering, ditambah cuaca panas terik. 

Selama musim kemarau ini, pihaknya siap siaga 24 jam untuk mencegah sekaligus antisipasi kejadian Karhutla di Jawa Timur. (ifa/ju/lis/fer)

Sumber: