Setengah Hari, Tiga Kebakaran di Kabupaten Malang

Setengah Hari, Tiga Kebakaran di Kabupaten Malang

Petugas damkar memadamkan api di lokasi kebakaran.--

Malang, Memorandum -  Ancaman kebakaran terjadi di tiga titik lokasi berbeda wilayah Kabupaten Malang, Rabu (13/9/2023). kebakaran pertama terjadi sekitar pukul 08.40, melanda toko mebel di Jalan Cokro Aminoto 12, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang.

"Kami menerima laporan dari Polsek Wajak sekitar pukul 09.00, langsung memberangkatkan empat unit mobil damkar," ungkap Kasatpol PP Kabupaten Malang Firmando H Matondang, Rabu (13/9/2023).

Toko mebel itu milik Suryadi (53), tutur Firmando, warga Dusun Krajan, Desa Blayu, Kecamatan Wajak. Beruntung dalam kejadian itu tidak sampai terjadi korban, hanya pemilik mengalami kerugian materiil Rp 1 miliar. Untuk pemadamannya sendiri api dapat dikuasai tim damkar hingga pukul 13.00, saat selesai dilakukan pembasahan.

"Kebakaran itu sendiri akibat terjadinya korsleting akibatnya percikan api membakar benda yang ada di dalamnya," kata Firmando.

Mantan Camat Wajak itu menambahkan, pada hari yang sama sekitar pukul 11.30, juga terjadi kebakaran di wilayah Kecamatan Poncokusumo. Tepatnya di Jalan Sumber Sari, Dusun Sumber Jambe, Desa Sumber Sari. Sedangkan objek yang mengalami kebakaran lembaga pendidikan madrasah ibtidayah milik sebuah yayasan.

Sumber api sendiri diketahui berasal dari tempat pembakaran sampah di sebelah gedung. Kemungkinan saat dilakukan pembakaran sampah, karena angin cukup kencang dan udaranya cukup panas. Api meloncat dan membakar sebagian dari lokal kelas milik MI tersebut. 

"Pada kejadian kebakaran tersebut tidak sampai ada korban, hanya saja yayasan tersebut mengalami kerugian sekitar Rp 50 juta," imbuh, Firmando.

Sedangkan yang ketiga, kebakaran terjadi di wilayah Kecamatan Singosari, tepatnya di Desa Tunjung Tirto, tepatnya di Dusun Purworejo RT 05/RW 03. 

"Kalau di lokasi ini kejadian cepat tertangani oleh warga setempat, dengan cara gotong royong untuk melakukan pemadaman. Sehingga api tidak sempat meluas dan juga tidak banyak menimbulkan kerugian," tutup Firmando.

Perlu diketahui tenaga yang terlibat langsung dalam melakukan pemadaman api yang terjadi pada toko mebel. Melibatkan empat unit mobil damkar dengan 8 personel yang tergabung dalam regu 1 yang dipimpin Prastowo, Muspika Kecamatan Wajak, 1 unit ambulans J99 dan warga sekitar. (kid/lis/fer)

Sumber: