Operasi Zebra Semeru 2023, Polres Blitar Tegur Simpatik Pelanggar Lalu Lintas

Operasi Zebra Semeru 2023, Polres Blitar Tegur Simpatik Pelanggar Lalu Lintas

Petugas Satlantas Polres Blitar memeriksa surat perlengkapan pengendara.--

Blitar, Memorandum - Operasi Zebra Semeru 2023 sebuah inisiatif untuk meningkatkan keselamatan di jalan raya dan mengedukasi para pengendara tentang pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas. Operasi ini juga dirancang untuk mengurangi tingkat pelanggaran lalu lintas di wilayah hukum Polres Blitar.

Dikatakan Kapolres Blitar, AKBP Anhar Arlia Rangkuti melalui Kasihumas Iptu Udiyono, pihaknya memberikan teguran simpatik kepada masyarakat yang melanggar peraturan lalu lintas. Seperti melanggar batas kecepatan, tidak mematuhi lampu merah, menggunakan HP saat berkendara dan tidak menggunakan helm.

“Teguran ini dilakukan dengan pendekatan yang ramah dan edukatif, dengan harapan bahwa pengendara yang melanggar peraturan akan memahami pentingnya keselamatan di jalan raya,” ujar Udiyono, Rabu (13/9).

Tambah Udiyono, selain memberikan teguran, petugas lalu lintas juga memberikan informasi kepada pengendara tentang aturan lalu lintas yang berlaku dan bahaya pelanggaran lalu lintas.

“Mereka mengingatkan pengendara untuk selalu menggunakan sabuk pengaman, menjaga jarak aman, dan menghormati pejalan kaki di perlintasan zebra cross,” tambahnya.

Dalam Operasi Zebra Semeru 2023, juga melibatkan kampanye sosial media (sosmed) yang aktif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas.

"Kami berkomitmen untuk menjadikan wilayah Blitar ini lebih aman bagi semua pengguna jalan raya . Melalui operasi ini, kami tidak hanya bertujuan untuk memberikan teguran, tetapi juga untuk mendidik pengendara agar lebih bertanggung jawab. Mari kita bekerja sama untuk menciptakan lingkungan jalan yang lebih aman dan nyaman," jelas Udiyono.

Operasi Zebra Semeru 2023 berlangsung dua minggu mulai 4-17 September 2023.  Petugas lalu lintas akan terus bekerja keras untuk memastikan kepatuhan terhadap peraturan lalu lintas.

“Masyarakat diharapkan untuk mendukung upaya ini dengan menjadi pengendara yang patuh dan peduli terhadap keselamatan di jalan raya,” pungkas Udiyono.(hms/fer)

Sumber: