SMKN 2 Surabaya Terapkan UKK di 5 Desa Sidoarjo

SMKN 2 Surabaya Terapkan UKK di 5 Desa Sidoarjo

Siswa SMKN 2 Surabaya saat menjalani UKK.--

Sidoarjo, Memorandum - SMKN 2 Surabaya menerapkan pembelajaran Uji Kompetensi Keahlian (UKK) di masyarakat 5 desa di Kabupaten Sidoarjo. Kegiatan ini diawali penandatanganan nota kesepahaman perencanaan infrastruktur wilayah desa dengan SMK Negeri 2 Surabaya di balai Desa Sidomojo dan Tropodo Kecamatan Krian, Selasa (12/9).

Hadir dalam kegiatan penandatanganan oleh kepala SMK Negeri 2 Surabaya dan Kepala desa Sidomojo serta Desa Tropodo. Hadir pula guru dan siswa jurusan Desain Permodelan Informasi Bangunan (DPIB) SMK Negeri 2 Surabaya, perangkat desa, BPD, LPMD dan PKK.

Kepala SMK Negeri 2 Surabaya, Bambang Purwo Widyanto mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan terobosan baru bagi SMK untuk kerja real di masyarakat.

"Pihaknya sedang bekerjasama dengan 5 desa yang dikemas dalam real kerja nyata dan pendampingan, karena untuk membangun desa itu perlu perencanaan yang baik dan kami punya anak-anak yang kita siapkan untuk membuat perencanaan pembangunan," jelasnya saat ditemui usai kegiatan.

Menurut penuturan Efendi selaku Kelapa Jurusan DPIB & TKP bahwa kegiatan ini merupakan trobosan baru bagi SMK untuk kerja real di masyarakat. Langkah kami diawali survey observasi ke desa terkait dan MoU untuk memperkuat kerjasama. Kemudian perencanaan kerja yang dilaksanakan oleh siswa.

"Peserta UKK yang dilaksanakan di 5 desa ini adalah siswa kelas XII DPIB SMKN 2 Surabaya yang terdiri 105 siswa dan menempuh waktu 6 bulan. UKK di jurusan DPIB pada umumnya yaitu perencanaan bangunan, kegiatan pembelajaran menggambar desain rumah, gedung dan perkantoran, menghitung biaya bangunan, melaksanakan pembangunan, dan memelihara konstruksi bangunan. Sedangkan pada taget UKK di program layanan masyarakat di 5 desa ini difokuskan pada; perencanaan infrastruktur desa / rehab balai desa; (seperti perencanaan renovasi pendopo desa, perencanaan gedung serba guna, tata ruang kantor kepala desa), perencanaan dan desain bangunan wisata kolam pancing, gedung TK, food court (fasum desa), pavingisasi, dan TPST (Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu)," ungkap Efendi.

Efendi juga menegaskan bahwa Ke 5 desa yang sudah terjalin kerjasama dengan SMK Negeri 2 Surabaya yaitu Desa Pranti, Desa Sedati Gede dari Kecamatan Sedati,  Desa Sidomojo, Desa Tropodo dari Kecamatan Krian dan Desa Waru Tulis dari Kecamatan Prambon. Kesemua desa tersebut berlokasi di kabupaten Sidoarjo.

"Proses kinerja UKK ini dilaksanakan secara berkelompok yang terdiri 21 siswa dalam 1 desa dan kemudian siswa tersebut dipilah lagi dengan kelompok kecil sesuai kebutuhan project di lapangan. Seperti pada bagian kelompok perancangan gambar dan kelompok kerja RAB yang nantinya tetap dalam satu berkas pelaporan di presentasikan dihadapan kepala desa sebagai asesor atau penguji UKK," tutur Efendi.

Ahmad Fatoni, Kepala Desa Sidomojo mengapresiasi Kerjasama dengan SMK Negeri 2 Surabaya lewat pengabdian perencaaan pembangunan di desa Sidomojo.

"Dari kolaborasi bertajuk Detail Engineering Design Wilayah Desa Sidomojo ini akan menghasilkan produk perencanaan berupa dokumen meliputi gambar teknis pendopo beserta ruang kelurahan, spesifikasi teknis dan spesifikasi umum, volume serta biaya pekerjaan yang konsepnya disusun secara terinci," tuturnya.

Hal serupa juga dituturkan Haris Iswanti, Kepala Desa Tropodo.

"Kegiatan UKK yang diterapkan di desa kami memiliki nilai manfaat bagi Masyarakat desa. Mulai perencanaan Pembangunan TK dan perbaikan jalan mendapatkan apresiasi positif pengabdiannya pada desa kami," tutupnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi siswa SMKN 2 Surabaya di bidang desain bangunan dan perencanaan infrastruktur. Selain itu, kegiatan ini juga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat desa dalam hal perencanaan pembangunan.(ziz)

Sumber: