Panutan Para Pemula, 5 Penulis Novel Terkenal Di Indonesia

Panutan Para Pemula, 5 Penulis Novel Terkenal Di Indonesia

--

Surabaya, memorandum – Bagi orang yang suka membaca, pasti mereka juga memiliki kemampuan untuk menulis sebuah karya mulai dari, cerpen, puisi, dan novel. Di samping itu, mereka juga memiliki sosok idola, penulis-penulis terkenal.

Berikut ini 5 penulis terkenal di Indonesia.

1. Ahmad Fuadi
Sebagai penulis novel, Fuadi meluncurkan novel pertamanya berjudul “Negeri 5 Menara”. Karya novel tersebut berhasil menjadi best seller tahun 2009.
Selain itu, Fuadi pernah mengemban ilmu di KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo. Hebatnya lagi, setelah lulus menjadi wartawan Tempo, beliau melanjutkan studi di Universitas Padjadjaran Hubungan Internasional.

2. Andrea Hirata
Bagi para penggemar novel, tentu saja sudah tidak asing lagi dengan penulis novel yang satu ini. Namanya dikenal luas dengan karya novelnya bertajuk “Laskar Pelangi”, saking terkenalnya, novel tersebut diadaptasi menjadi film layar lebar. Tidak hanya itu, masih banyak lagi karya dari Andrea Hirata yang tidak kalah keren.

3. Tere Liye
Penulis novel "Hafalan Sholat Delisa" merupakan salah satu penulis terkenal di Indonesia. Tapi siapa sangka, pria dengan nama asli Darwis yang lahir pada 21 Mei 1979 ini, sering dikira seorang wanita kerena nama panggungnya Tere Liye.

4. Pramoedya Ananta Toer
Selain novel "Bumi Manusia", ternyata Pramoedya juga menggeluti dunia kepenulisan lainnya, seperti puisi, cerpen, dan atikel. Salah satu sastrawan besar yang dimiliki bangsa. Lahir di Blora pada tanggal 6 Februari 1925 ini telah menghasilkan lebih dari 50 karya yang diterjermahkan dalam 4 bahasa asing.

5. Habiburrahman El Shirazy
Novelis terkenal di Indonesia Habiburrahman El Shirazy lahir di Semarang, 30 September 1976. Beliau juga dikenal sebagai penceramah. Salah satu novel karyanya “Ayat-ayat Cinta” telah diadaptasi menjadi film dan sukses dipasaran. Beliau lulusasn Postgraduate Diploma (Pg.D) S2 di The Institute for Islamic Studies di Kairo yang didirikan oleh Imam Al-Baiquri.

Nah, itulah para penulis keren di Indonesia. Seharusnya kita bangga menjadi warga Indonesia karena sudah banyak karya dari bangsa kita yang mendunia. (mg2/gus)

Sumber: