5 Cara Ampuh Mengatasi Leher Tengeng yang Ganggu Aktivitas

5 Cara Ampuh Mengatasi Leher Tengeng yang Ganggu Aktivitas

--

Surabaya, memorandum - Leher tengeng dapat menyebabkan rasa nyeri, kaku pada bagian leher, hingga kesulitan menengok, terutama setelah bangun tidur. Kondisi ini seringkali dikaitkan dengan posisi tidur yang salah.

Namun tidak hanya itu, kondisi nyeri leher yang telah muncul sebelumnya pun dapat mempengaruhi kualitas tidur. Kondisi tersebut tentunya dapat mempengaruhi aktivitas dan pekerjaan sepanjang hari.

Berikut beberapa cara mengatasi leher tengeng yang bisa ganggu aktivitas.

1. Kompres hangat dan dingin

Mandi air hangat atau menempelkan bantalan pemanas di leher belakang dapat membantu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke leher, serta membantu otot-otot leher menjadi relaks.

Pilihan yang lebih baik lagi adalah menyelinginya dengan kompres leher menggunakan es. Bungkus es dengan menggunakan handuk, lalu tempelkan selama beberapa menit di area yang diinginkan untuk mengurangi rasa sakit.

2. Perbaiki posisi tidur

Tak jarang posisi tidur yang kurang baik menyebabkan sakit leher belakang. Untuk mengatasinya, perbaiki posisi tidur dengan menggunakan bantal yang tidak terlalu tinggi serta pertahankan posisi tidur agar kepala tidak terlalu terangkat tinggi.

3. Peregangan

Peregangan leher dengan cara menggerakkan kepala secara perlahan dari satu sisi ke sisi lain, kemudian memutar bahu ke depan dan ke belakang, mungkin dapat membantu. Namun, jika latihan peregangan justru menyebabkan nyeri, hentikan dengan segera.

4. Oleskan balsam

Oleskan balsam pada bagian leher yang sakit. Balsam atau salep mengandung bahan aktif berbeda untuk menekan sinyal rasa sakit.

5. Minum obat pereda nyeri

Bila nyeri sangat mengganggu aktivitas, dapat minum obat pereda nyeri yang dijual bebas sebagai terapi pertama. Sebaiknya bila rasa nyeri terus-menerus mengganggu konsultasikan kepada dokter.

Itulah beberapa cara mengatasi leher tengeng yang bisa ganggu aktivitas. Bagaimana pendapatmu?
(mg1/gus)

Sumber: