PKS Jatim Buka Jaring Calon Kepala Daerah

PKS Jatim Buka Jaring Calon Kepala Daerah

Irwan Setiawan bersama jajaran pengurus DPW PKS Jatim.--

 

 

 

Surabaya, Memorandum- PKS mengawali pendaftaran calon kepala daerah di Jawa Timur. Sebagaimana Political Update yang digelar DPP PKS, ditindaklanjuti DPW PKS Jawa Timur dengan beberapa rekomendasi. 

Ketua DPW PKS Jawa Timur Irwan Setiawan menyampaikan, hasil Political Update, PKS Jatim Siap melakukan tahapan  penjaringan dan penyaringan calon lepala daerah. Pada Pilkada 2020, PKS berhasil memenangkan 11 pasangan calon bupati dari 19 pilkada yang ada. 

"Di Political Update, PKS Jatim juga merumuskan tentang Kick of Pilkada DPP yang di sana mencanangkan kesiapan PKS merekrut jabatan politik dalam pilkada 2024. Karenanya, PKS Jatim siap mengusung calon untuk menjadi kepala daerah baik di tingkat provinsi atau kabupaten kota di Jawa Timur," tegas Irwan Setiawan.

Lanjut Irwan Setiawan, Political Update mengundang ketua dan seketretaris DPD dari seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur serta pengurus DPW PKS Jatim. Pertemuan menjadi sarana mengokohkan mindset dan menata strategi pemenangan baik di jajaran pengurus DPD maupun DPW. “Pesiapan masing-masing dapil, baik pusat, provinsi  ataupun kabupaten/kota dalam rangka  meyakini dan mengikhtiarkan yang terbaik untuk kemenangan PKS di Jatim dan di kabupaten kota.

Irwan menyebutkan, beberapa lembaga survey nasional menempatkan PKS di 3 besar. “Karenanya ikhtiar PKS di Jatim juga harus makin optimal dalam mengoptimalkan dan mengikhtiarkan peluang ini. Mohon doanya," kata Irwan. 

Irwan yang juga maju menjadi caleg DPRD Provinsi Jatim dari dapil Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi ini menyampaikan bahwa Political Update menghasilkan rekomendasi.  “Seluruh caleg PKS harus kerja keras, turun untuk melayani dan membela masyarakat,” kata dia.

Ia juga meminta seluruh caleg agar berinteraksi dengan berbagai elemen masyarakat di Jawa Timur, yang ada di kabupaten kota masing-masing di Jatim.

Mempersiapkan tahun politik, PKS merekomendasikan agar DPD dan DPW segera melakukan tahapan penjaringan dan penyaringan calon kepala daerah. "Di tahap penjaringan, PKS dapat menerima usulan dari anggota dari struktur partai maupun dari masyarakat. Atau DPD melakukan komunikasi dengan para calon yang sudah muncul di kabupaten kota masing masing," jelasnya. 

Setelah itu, ia melanjutkan, DPD melaksanakan musyawarah untuk kemudian diusulkan ke DPW, kemudian DPW akan melakukan musyawarah dan kemudian diusulkan ke DPP melalui bidang Pembinaan Wilayah. 

Irwan menjelaskan, DPD juga bisa melakukan pendaftaran secara terbuka untuk mendapatkan usulan dari masyarakat, sedangkan usulan struktur partai dan anggota memperhatikan ketokohan, polularitas dan elektabilitas dari para calon yang ada. "Juga hasil komunikasi politik dengan tokoh-tokoh yang ada di jatim maupun masing-masing kabupaten/ kota," ujarnya.  (day/ono)

Sumber: