Jadi Bintang Tamu Podcast Memorandum, Brigjenpol Gatot Repli Ingatkan Gen Z Waspada Hoaks

Jadi Bintang Tamu Podcast Memorandum, Brigjenpol Gatot Repli Ingatkan Gen Z Waspada Hoaks

Karo Multimedia Divisi Humas Polri Brigjenpol Gatot Repli Handoko didampingi Direktur Utama Memorandum (tiga dari kanan), serta jajaran manajemen Memorandum.--

Surabaya, Memorandum - Tak lama lagi, kita akan memasuki tahun politik 2024. Seiring menyambut pesta demokrasi itu, Kepolisian pun melakukan berbagai upaya untuk menciptakan situasi politik yang damai, aman dan terkendali.

Karo Multimedia Divisi Humas Polri Brigjenpol Gatot Repli Handoko mengatakan, jika salah satu upaya memaksimalkan politik damai adalah penekanan kepada Generasi Z untuk peduli terhadap pesta demokrasi.

"Yang juga penting, para Generasi Z atau Gen Z ini harus lebih beretika dalam penggunaan media sosial. Jadi paling tidak generasi ini turut membantu dalam menjaga situasi bangsa Indonesia," kata Brigjenpol Gatot di podcast Memorandum, Jumat (8/9/2023).

Sebagai petugas biro multimedia, kata dia, Divisi Humas Polri terus berupaya untuk mengedukasi Generasi Z. Salah satunya, dengan membuat konten dalam lingkup generasinya terkait persoalan kamtibmas, keberagaman dan pelaksanaan pemilu.

"Kami harap Generasi Z ini menjadi cermin bangsa Indonesia dalam digital teknologi terutama media sosial," tegas alumnus Akademi Kepolisian (AKPOL) 1991 itu.

Gatot menyebut, maraknya media sosial (medsos) banyak sekali kecenderungan masyarakat mudah dalam menyebar berita hoaks. "Karena ada medsos, banyak berita-berita yang faktanya tidak benar atau tak sesuai realitanya," tandas Gatot.

"Langkah yang dilakukan Divisi Humas Polri bersama masyarakat yang mengerti medsos adalah menjaga situasi supaya bangsa Indonesia tetap adem baik di dunia nyata maupun dunia maya," imbuh Gatot.

Guna membentengi situs-situs dan konten-konten tidak bertanggungjawab, terang Gatot, Divisi Humas Polri bekerja sama dengan Kominfo.

"Kami tidak berhentinya dengan kominfo, pegiat-pegiat medsos, untuk membantu kamtibmas dalam dunia maya dan berkolaborasi dengan masyarakat yang peduli dengan media sosial" tegas Gatot. (fdn/fer)

Sumber: