Satu Demi Satu, Tugu Perguruan Silat di Jember Mulai Dipindah Sendiri

Satu Demi Satu, Tugu Perguruan Silat di Jember Mulai Dipindah Sendiri

Warga PSHT Ranting Panti pindahkan sendiri tugu ke tempat lainnya.--

Jember, Memorandum - Puluhan anggota Persaudaraan Setia Hati Teratai (PSHT) Ranting Panti, Jember memindahkan tugu perguruan silatnya, mereka lakukan, dengan memotong dua kaki bangunan tugu PSHT di Lapangan Sidodadi Dusun Karanganom Desa Serut Kecamatan Panti Jember.

Setelah badan bangunan terputus dengan pondasi, Tugu PSHT tersebut mereka angkut dengan mengunakan mobil pick up. Untuk didirikan ketempat lain.

Pembina PSHT Ranting Panti, Heri Sudiono mengatakan bahwa pemindahan tugu di fasilitas umum ini, disaksikan langsung oleh jajaran Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Panti.

"Disaksikan oleh Kapolsek,  Danramil dan juga Bapak Camat Panti. Semua komponen hadir disini untuk menyaksikan pemindahan tugu," katanya. Rabu (6/9/2023)

Menurutnya, pemindahan tugu PSHT ini merupakan, bagian dari upaya tindak lanjut hasil kesepakatan seluruh perguruan silat bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jember.

"Walaupun berat hati kami melakukan ini, tetapi karena ini sudah jadi kesepakatan. Sehingga harus kami lakukan," kata Heri.

Heri mengungkapkan, secara umum banyak Anggota PSHT Ranting Panti tidak rela, tugu ini dialih fungsikan. Sebab, bangunan tersebut adalah sebuah simbol organisasi.

"Dimana pun simbol itu menjadi kebanggaan tersendiri. Karena ini sudah kesepakatan dan (tugu) ini ada di fasilitas umum bukan di tanah pribadi sehingga harus tetap kami pindahkan," ulasnya.

Proses pemindahan tugu yang ke tiga sebelum nya di Ajung, Pakusari di Panti ini dibangun sejak tahun 2012 ini berjalan baik, tidak ada aksi anarkis dari anggota PSHT lainnya.

"Rencananya tugu yang ada di Sub Rayon Karanganom akan dipindahkan di Dusun Kasian, dan sudah kami siapkan perangkatnya, insyaallah hari ini selesai," urai Heri .

Kapolsek Panti Iptu Lilik Sukoco mengatakan sejauh ini, Tugu PSHT yang dipindahkan hanya satu ini. Sebab memang berada di ruang milik jalan.

"Dan nantinya akan dipindah di tanah pribadi milik warga PSHT sendiri nantinya," katanya.

Sebatas informasi, Pengurus PSHT Cabang Jember sebelumnya juga telah memindahkan tugu silatnya di Desa/ Kecamatan Pakusari. (edy/ziz)

Sumber: