Manfaat Kerang untuk Kesehatan Tubuh, Ketahui Juga Efek Sampingnya

Manfaat Kerang untuk Kesehatan Tubuh, Ketahui Juga Efek Sampingnya

Surabaya, memorandum.co.id - Kerang merupakan jenis invertebrate moluska, yaitu hewan bertubuh lunak yang dagingnya tersembunyi di balik sepasang cangkangnya yang keras. Bentuk tubuh kerang terdiri dari kulit luar yang keras, disebut cangkang. Berikut Manfaat Kerang untuk Kesehatan Tubuh

  • Menurunkan Resiko Penyakit Jantung Berkata kandungan asam lemak omega-3 dan vitamin B12 dapat menurunkan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.
  • Baik untuk kesehatan otak Asam lemak omega-3 pada kerang tidak hanya baik untuk jantung melainkan juga mendukung kesehatan otak. asam lemak omega-3 berperan dalam aktivitas sistem saraf, perkembangan kognitif, dan pembelajaran terkait memori.
  • Mencegah osteoporosis Kebanyakan kerang mengandung vitamin B12 yang tinggi. Nutrisi penting ini dibutuhkan untuk pembentukan tulang yang sehat.
  • Mendukung kesehatan mata dan manfaat lainnya Kandungan lemak total dan lemak jenuhnya rendah yang rendah, serta lemak tak jenuh ganda yang tinggi, membuat kerang merupakan sumber nutrisi baik untuk mata.
Efek Samping Mengonsumsi Terlalu Banyak Kerang
  • Paparan logam berat Kerang dapat menyerap logam berat seperti merkuri atau kadmium dari lingkungannya. Manusia tidak dapat mengeluarkan logam berat. Seiring waktu, penumpukan senyawa ini dapat menyebabkan kerusakan organ dan masalah kesehatan lainnya.
  • Penyakit yang disebabkan oleh makanan Makan kerang yang terkontaminasi dapat menyebabkan penyakit. Keracunan makanan dari produk seafood ini dapat disebabkan oleh bakteri, virus, atau parasit yang didapat dari habitat kerang.
  • Reaksi alergi Gejala reaksi alerginya meliputi, Muntah, Sakit perut, Pembengkakan tenggorokan, lidah, atau bibir dan Sesak napas. (*/Rdh)

Sumber: