Segudang Manfaat Air Nabeez, Minuman Favorit Nabi Muhammad SAW

Segudang Manfaat Air Nabeez, Minuman Favorit Nabi Muhammad SAW

Surabaya, Memorandum.co.id - Salah satu minuman favorit Nabi Muhammad SAW. Air nabeez adalah minuman dari campuran air putih dan buah kurma yang telah direndam 8-12 jam Tidak hanya menyegarkan, air nabeez juga menyehatkan dan memiliki beragam manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat air nabeez untuk kesehatan tubuh.

  • Mengontrol gula darah
Meski memiliki rasa yang manis, tetapi kurma tidak menyebabkan peningkatan gula darah. Buah ini justru dapat menjaga gula darah tetap stabil karena memiliki indeks glikemik yang rendah. Hal tersebut menjadikan air nabeez baik dikonsumsi sebagai altenatif bagi seseorang yang ingin membatasi asupan gula. Namun, agar tetap sehat, air nabeez yang dikonsumsi sebaiknya tidak ditambahkan gula atau pemanis tambahan.
  • Mencegah penyakit
Selain menjaga kadar gula darah tetap normal, kurma diketahui dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) sehingga baik untuk kesehatan jantung. Tak hanya itu, kurma juga mengandung banyak antioksidan, seperti flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik. Kandungan tersebut juga bisa mengurangi peradangan, membantu meredakan iritasi di lambung, dan menurunkan risiko terjadinya berbagai penyakit, mulai dari diabetes, degenerasi makula, hingga kanker.
  • Mencukupi kebutuhan cairan tubuh
Air nabeez dapat digunakan sebagai alternatif untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi. Tak hanya itu, air nabeez juga lebih menyehatkan daripada jenis minuman manis lainnya.
  • Meningkatkan energi
Air nabeez baik dikonsumsi untuk mengatasi rasa lelah baik setelah berolahraga atau menderita kondisi tertentu yang membuat seseorang membutuhkan asupan energi lebih banyak.
  • Melancarkan pencernaan
Saat tubuh kekurangan cairan, kotoran akan menjadi lebih keras dan lebih sulit dikeluarkan. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa dehidrasi bisa menyebabkan sembelit. Air nabeez bisa menjadi pilihan untuk mengatasi keluhan sembelit yang dialami. Minuman ini bekerja dengan dua cara, yaitu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan memberikan asupan serat yang dapat melancarkan pencernaan.(*/Rdh)

Sumber: