Manfaat Kopi untuk Kesehatan Salah Satunya Dapat Menurunkan Risiko Depresi

Manfaat Kopi untuk Kesehatan Salah Satunya Dapat Menurunkan Risiko Depresi

Surabaya, Memorandum.co.id - Kopi adalah salah satu minuman yang banyak dikonsumi masyarakat. Minuman yang memiliki aroma dan rasa yang khas ini biasanya diminum pada pagi hari sebelum beraktivitas atau saat sedang santai. Tak hanya berguna agar mata tetap melek, kopi juga mempunyai sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut manfaat kopi untuk kesehatan :

  • Menurunkan risiko depresi
Setiap cangkir kopi yang dikonsumsi dapat menurunkan 8 persen lebih rendah risiko terkena depresi. Dengan meminum kopi, seseorang dapat lebih mengendalikan depresinya
  • Menjaga kesehatan otak
Kafein yang terkandung dalam kopi memiliki banyak efek positif pada otak. Selain itu, jurnal Practical Neurology menyebutkan, konsumsi kopi cangkir dalam sehari dapat mencegah penurunan fungsi kognitif otak, penyakit Parkinson dan penyakit Alzheimer.
  • Membantu kesehatan jantung
Meminum kopi dapat membantu menurunkan risiko seseorang terkena penyakit jantung hingga 15 persen. Kopi juga dapat menurunkan risiko gagal jantung secara signifikan. Namun, bagi orang dengan tekanan darah tinggi, sebaiknya membatasi minum kopi karena kafein dapat memengaruhi tingkat tekanan darah.(*/Rdh)

Sumber: