Benahi Mal Pelayanan Publik Siola dengan Kenyamanan

Benahi Mal Pelayanan Publik Siola dengan Kenyamanan

Surabaya, memorandum.co.id - Pemkot Surabaya terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang nyaman kepada masyarakat Kota Pahlawan. Oleh karena itu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi langsung mengunjungi Mal Pelayanan Publik Siola, Jumat (18/2). Di sana, ia berkeliling untuk mengecek kualitas pelayanan publik. Sebab, ia akan segera membenahi Mal Pelayanan Publik Siola, agar lebih mempermudah warga yang hendak mengakses pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) hingga mengurus perizinan. Pertama, ia mengecek di lantai tiga gedung Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya, kedua ia menuju gedung Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM&PTSP), hingga menuju ke lantai dasar Mall Pelayanan Publik Siola. “Kalau ada orang yang ingin jalan-jalan dan mengurus KTP ke Surabaya, bisa datang ke Siola dan dalam waktu satu hari harus jadi. Ini yang saya siapkan, tempat pelayanannya pun juga harus nyaman,” kata Eri usai berkeliling Mal Pelayanan Publik Siola. Selanjutnya, terkait dengan klinik investasi yang berada di gedung DPM&PTSP, ia meminta bahwa nantinya setiap orang datang di Kota Surabaya sudah mengetahui lokasi yang tepat untuk Central Business District (kawasan pusat bisnis), pengembangan perdagangan, hingga lokasi industri strategis. “Orang ke Surabaya itu harus tahu, maka harus ada petanya. Jadi saya minta ada informasi visual melalui video, agar orang yang datang itu sudah tidak perlu bertanya lagi dan yang menjelaskan adalah orang yang memang mengerti terkait bagaimana mengembangkan Kota Surabaya,” terang dia. Ia juga menginginkan, bahwa warga Surabaya nantinya bisa menjadi bagian dari UMKM dengan membuat usahanya sendiri. Seperti alat bangunan, pembuatan paving dan lainnya, agara APBD Kota Surabaya tahun 2022 nanti bisa difokuskan pada ekonomi kerakyatan. “Saya ingin masyarakat itu bisa merasakan bahwa ekonomi kerakyatan yang ada di Surabaya ini berjalan. Termasuk menggerakkan UMKM itu pelayanannya seperti apa, contoh dengan melakukan pendaftaran NIB (nomor induk berusaha),” jelas dia. Eri juga tak menyangka, bahwa pelayanan yang tersedia di Mall Pelayanan Publik Siola sangat cepat dan memudahkan warga dalam mengurus adminduk maupun perizinan usaha. “Alhamdulillah dengan adanya perubahan pelayanan, tadi warga mengatakan bahwa jauh lebih mudah dan jauh lebih cepat dari tahun kemarin. Mereka semua merasa nyaman dan merasa cepat mendapat pelayanan,” ungkap dia. Menurut dia, hal ini jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Sehingga, ia berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Tapi memang saya punya prioritas, yakni perizinan dan adminduk terlebih dahulu. Saat ini sudah mulai berjalan semuanya,” kata dia. Ia berharap, dengan adanya pembenahan yang dilakukan oleh Pemkot Surabaya juga dapat didukung oleh masyarakat untuk mempercepat pelayanan. “Saya juga akan melakukan pengecekan pada pelayanan kesehatan, yakni akan mengunjungi puskesmas dan rumah sakit. Tetapi juga harus di imbangi dengan koreksi dari warga, agar kami dapat melakukan evaluasi,” ungkap dia. Sementara itu, Liem Mei Nio Mudji Muliani, warga Kecamatan Siwalankerto, mengaku sangat puas dengan pelayanan yang ada di Mall Pelayanan Publik Siola. Sebab, surat perizinan usaha yang ia buat langsung selesai, tanpa harus menunggu lebih lama. “Saya mengurus perizinan membuat usaha dan ternyata sangat mudah sekali, sangat cepat. Jadi saya tidak menyangka kalau surat izin itu langsung jadi,” kata dia. Ia menerangkan, bahwa para petugas sangat ramah dalam memberikan pelayanan. Ia juga berterima kasih kepada Wali Kota Eri Cahyadi yang telah mempermudah masyarakat dalam mengakses surat perizinan. “Saya senang sekali dengan program beliau, terima kasih kepada Bapak Wali Kota Eri Cahyadi untuk kemudahan yang diberikan kepada masyarakat. Sehingga masyarakat bisa bekerja dengan mudah dan nyaman,” pungkasnya. (fer)

Sumber: