50 Ribu Pelanggan Tak Dapat Distribusi Air

50 Ribu Pelanggan Tak Dapat Distribusi Air

SURABAYA - Sekitar 50 ribu pelanggan terancam tak bisa menikmati distribusi air bersih.  Sebab, Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada akan memutus pasokan air saat pemindahan utilitas (jaringan pipa) di Jalan Yos Sudarso, mulai Jumat (5/9) pukul 15.30, hingga pengerjaan tuntas. Berdasarkan informasi yang dihimpun Memorandum, beberapa wilayah terdampak airnya akan mengecil sampai tidak keluar, seperti di daerah Jalan Darmo, Jalan Panglima Sudirman, Jalan Nias, Jalan Yos Sudarso, Jalan Walikota Mustajab, Jalan Undaan,  Pasar Atom, Jalan Pegirian, Jalan Wonosari, Jalan Wonokusumo, DBAL (TNI AL) dan wilayah sekitarnya. Manajer Humas PDAM Surya Sembada Bambang Eko Sakti ketika dikonfirmasi menjelaskan, untuk mendukung program Pemkot Surabaya yang akan membangun Alun-Alun Suroboyo di Jalan Yos Sudarso, maka PDAM Surya Sembada akan menggeser utilitas pipa PDAM yang berdiameter 800 mm di bawah jalan tersebut, ke sisi timur atau di bawah pedestrian. "Waktu penggeserannya akan dilakukan Jumat (6/9) pukul 15.30 dan diperkirakan membutuhkan waktu 24 jam," kata Bambang kepada Memorandum, Kamis (5/9). Dia mengatakan, relokasi yang dilakukan PDAM yakni memindahkan pipa di bawah Jalan Yos Sudarso, ke dalam box culvert utilitas yang sudah disediakan Pemkot Surabaya."Pipa akan dipotong. Setelah itu   disambungkan dengan pipa baru yang sudah disiapkan di sisi timur pipa lama atau di bawah pedestrian,”ungkap dia. Untuk mempercepat pekerjaan tersebut, PDAM Surya Sembada akan mematikan salah satu instalasi pengolahan air minum (IPAM) yaitu IPAM Ngagel 2. Setelah pekerjaan pergeseran selesai, butuh waktu 2x24 jam untuk normalisasi distribusi air ke pelanggan. "Mungkin waktu yang dibutuhkan untuk normalisai sekitar 48 jam (dua hari, red). Setelah itu secara bertahap akan segera terkoneksi dan teraliri mulai titik terdekat hingga ke titik terjauh,"ujar dia. Sebelum dilakukan pemindahan atau pemotongan jaringan pipa PDAM, Bambang mengimbau kepada warga Surabaya di beberapa wilayah untuk mengantisipasi dengan menampung cadangan air. Sehingga ketika pasokan air diputus, pelanggan masih memiliki cadangan air yang bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari hingga distribusi air PDAM kembali normal. Meski demikian, lanjut dia, PDAM akan tetap membantu menyuplai air bersih kepada masyarakat yang membutuhkan pasokan selama proses pemindahan jaringan pipa PDAM di Jalan Yos Sudarso. "Jika masyarakat memerlukan air bisa menghubungi kami di call center PDAM Surya Sembada 08001926666 (bebes pulsa, red). Kami akan mengirimkan air menggunakan truk tangki," imbuh dia. Seperti diberitakan sebelumnya, Pemkot Surabaya menutup Jalan Yos Sudarso selama 6 bulan, mulai Minggu (1/9) lalu karena ada proyek pembangunan basement Alun-Alun  Suroboyo di bawah Jalan Yos Sudarso. Selain pemindahan pipa air, gas dan jaringan utilitas lainnya, penutupan Jalan Yos Sudarso berdampak pula pada pengalihan arus lalu lintas. (alf/be)  

Sumber: