Polres Probolinggo Lombakan 22 Gapura Cinta Negeri

Polres Probolinggo Lombakan 22 Gapura Cinta Negeri

PROBOLINGGO - Polres Probolinggo bangun 22 gapura Cinta Negeri. Satu di mapolres dan 21 polsek jajaran. Pembangunan gapura kemerdekaan ini juga dijadikan ajang lomba hias gapura nasional berhadiah Rp 1 miliar.

Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto menegaskan, seluruh polsek jajarannya sudah menghias gapura dan sudah dikirim ke panitia lomba. "Bahan lomba sudah kita kirim melalui webb ke panitia lomba, baik dalam bentuk foto maupun video lengkap dengan narasi dan teknnya, " katanya.

Secara umum, gapura karya bersama anggota dibuat selama tiga  hari ini, siap dinilai tim juri lomba.  Selain mengedepankan nilai perjuangan perebutan kemerdekaan RI dengan menonjolkan sang saka Merah Putih juga slogan peringatan HUT RI ke 74  tahun 2019 yakni SDM ungul Indonesia Maju semuanya terpampang.  Begitu juga foto atau poster pahlawan kemerdekaan juga dipajang.

“Polres Probolinggo beserta jajaran membangun gapura ini, sebagai wujud syukur dan juga mengapresiasi perjuangan para pendahulu kita. Kami membangun gapura dengan lambang  Garuda Pancasila. Ini menunjukkan bahwa kita ini bangsa Bhineka Tunggal Ika,” terang perwira yang pernah menjabat Kasat  PJR Polda Jatim ini. Dijelaskan Eddwi bahwa lomba ini merupakan instruksi kepada jajaran pemerintahannya dengan hadiah total hadiah Rp 1 Miliar.

“Mari memeriahkan HUT RI dengan Festival Gapura Cinta Negeri. Bangun gapura kemerdekaan di masing-masing lingkungan sekreatif dan seunik mungkin. Temanya Cinta Negeri,” harapnya.

Pemerintah membuka lomba membangun gapura ini dibuka sejak 17 Juli dan akan ditutup pada 17 Agustus 2019. Bukan tanpa alasan, lomba bangun Gapura ini rupanya untuk menyatukan warga yang sempat terbelah pasca pemilihan umum (pemilu).

Sementara itu, untuk mengikuti lomba ini, warga harus membangun Gapura. Lalu mengunggah 10 foto dan video selama proses pembangunan gapura ke website gapuracintanegeri.com. Bukan hanya itu, sosial media khusus juga telah dibuat untuk lomba ini. Warga juga diharuskan mengunggah foto dan video di sosial media dengan hastag #GapuraCintaNegeri.

Sepuluh gapura pemenang kategori umum dan 3 gapura pemenang kategori lembaga/ instansi/ perusahaan/ organisasi akan diundang untuk bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo. Ini tertera  di website resmi gapura cinta negeri.

Hadiah sebesar RP 1 miliar. Tentu saja hadiah tersebut dibagi-bagi menjadi beberapa kategori. Diantaranya untuk gapura terbaik, gapura terfavorit hingga kategori umum lain. (Iku/udi)

Sumber: