Beri Layanan Terbaik, ATR/BPN Bertransformasi ke Elektronik

Beri Layanan Terbaik, ATR/BPN Bertransformasi ke Elektronik

Surabaya, Memorandum.co.id - Kakanwil BPN Provinsi Jawa Timur, Jonahar mengatakan, dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, ATR/BPN akan bertransformasi ke layanan elektronik. Untuk mencapai hal itu diperlukan data yang paripurna, baik data spatial maupun tekstualnya. Dalam mendapatkan data paripurna spatial dan tekstual berdasarkan pengalaman saat bertugas di Jateng dan Jatim. “Di Jateng kami menggagas pola TriSula dan di Jatim dengan TriJuang. Tentunya dengan Kerja sama dari tiga pihak, BPN, pemerintah daerah, dan pemerintah desa. Karena untuk mencapai data yang paripurna spatial dan tekstual akan lebih mudah dalam pelaksanaannya di daerah,” ujar Jonahar, Kamis (8/4). Sebelumnya, dalam diskusi pada rapat kerja nasional Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional di Jakarta, Kakanwil BPN Jonahar memberi kesempatan kepada Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Lamongan untuk sharing karena berhasil dalam pelaksanaan PTSL 2020 dan merupakan kantah dengan NDL terbanyak se-Indonesia. Sementara itu, Kepala Kantor Pertanahan Lamongan Agus Mahendra menyampaikan, pelaksanaan kegiatan PTSL di Lamongan menggunakan pola Trijuang, yang dalam implementasinya harus ada komitmen antara tiga unsur (BPN, pemda, desa). Sekadar diketahui, target output dalam diskusi ini adalah tersosialisasikannya arah kebijakan, persamaan persepsi dan tindak lanjut/rencana aksi dalam merumuskan ketiga hal tersebut dengan pendekatan 5M. Di dalam diskusi ini dirumuskan hal-hal sebagai berikut. Pertama pola kerjasama 3 pilar kantor pertanahan desa sharing tenaga dan anggaran dinasionalkan (trisula trijuang) dinasionalkan, perlunya Sertipikasi Tenaga Puldadis, bagaimana metode pencapaian target K3 menjadi K1, penyelesaian daftar temuan Inspektorat Jenderal Terkait pelaksanaan PTSL, dan persiapan layanan elektronik. (mik)

Sumber: