Kedepankan Sociopreneur, Pembatik Binaan Pertamina Pertahankan Cara Tradisional

Kedepankan Sociopreneur, Pembatik Binaan Pertamina Pertahankan Cara Tradisional

Tuban, Memorandum.co.id - Upaya PT Pertamina (Persero) dalam melestarikan kebudayaan nusantara diwujudkan dalam banyak hal. Salah satunya dengan membina banyak perajin kain batik. Hingga kini, sudah ada sekitar 271 perajin batik di seluruh Indonesia yang dibina Program Kemitraan Pertamina. Mereka diberi pendampingan dan program agar usahanya bisa berkembang hingga naik kelas. Salah satu perajin batik binaan Pertamina adalah Zaenal Abidin. Pemilik UKM Batik Gedog Zaenal ini cukup kuat memegang kekhasan dari batik khas Kabupaten Tuban Jawa Timur ini. Terutama cara produksinya yang dinilai masih tradisional. “Cara tradisional akan membutuhkan banyak pekerja sehingga lapangan kerja pun terbuka luas,” tuturnya. Selain itu, karena dikerjakan oleh manusia, maka kualitas dari kain batik yang dihasilkan pun bisa terjaga. Mulai dari segi motif, warna, hingga corak bisa benar-benar diperhatikan ketimbang memakai mesin. Tak ayal, jumlah pekerja yang diberdayakan Zaenal pun jumlahnya mencapai ratusan orang. Mereka terdiri dari para ibu rumah tangga dan warga yang membutuhkan pekerjaan. “Untuk jumlah karyawan tetap sendiri ada 25 orang. Sedangkan karyawan yang ambil garapan untuk dibawa pulang ada sekitar 100 orang,” jelasnya. Upaya ini menjadi salah satu implementasi dari SDGs tujuan ke-8 yakni menyediakan pekerjaan yang layak dan mendukung pertumbuhan ekonomi. Serta penerapan ESG di bidang sosial. Awal perjalanannya, Zainal mengawali perjalanan kariernya dengan memasarkan batik milik temannya ke pulau Bali dan laris. Bapak dua anak ini mendapatkan banyak pelanggan di pulau dewata tersebut. Ini membuat Zainal ingin memproduksi batik Gedog tulis sendiri. Impiannya ini baru terwujud pada tahun 1978, dengan membuka usahanya di Desa Jarorejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban. Batik karyanya ini dipatok harga mulai dari Rp 50 ribu hingga paling mahal Rp 1 juta per lembarnya. Produknya sudah dipasarkan di sekitar wilayah Tuban, Bali hingga Jakarta. Dibantu promosi lewat media sosial @batikzaenal, pemasarannya pun makin meluas lagi. Hingga ia dapat meraup omzet sekitar Rp 150 juta per bulannya. Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina, Agus Suprijanto menambahkan Pertamina akan terus mendukung pengembangan produk-produk kebudayaan lokal agar lebih mendunia. Apalagi batik sendiri kini sudah menjadi warisan budaya dunia. “Semua ini harus kita jaga dengan cara melestarikan perajin batik dan membantu mereka agar tetap bertahan dan naik kelas menjadi UKM Go Global,” jelasnya. (*/ari)

Sumber: