Dinkes Lumajang Terima 3.000 Vaksin Sinovac

Dinkes Lumajang Terima 3.000 Vaksin Sinovac

Lumajang, memorandum.co.id - Jatah vaksin Covid-19 yang didistribusikan oleh PT Bio Farma telah tiba di Kabupaten Lumajang, Selasa (26/1/2021).

Vaksin diterima dan disimpan di Kantor Instalasi Farmasi Kabupaten (IFK) Lumajang, Jalan Mahakam, Kelurahan Jogotrunan, Kecamatan Lumajang, Kabupaten Lumajang.

"Pada hari ini vaksin Covid-19 telah datang di Kabupaten Lumajang untuk pertama kalinya sebanyak 3.000 dosis," ujar Kepala Dinas Kesehatan Lumajang dr Bayu Wibowo IG.

Bayu mengatakan, vaksin sebanyak 3.000 dosis ini mulai besok akan didistribusikan ke semua puskesmas dan rumah sakit yang ada di wilayah Kabupaten Lumajang.

Rencananya pelaksanaan vaksinasi dimulai besok pagi di 21 puskesmas dan 7 rumah sakit yang ada di Kabupaten Lumajang. Targetnya semua nakes minggu ini selesai untuk suntikan yang pertama kemudian untuk suntikan yang kedua sekitar 2 minggu berikutnya.

"Mulai besok pagi kalau sudah siap boleh melakukan penyuntikan kepada semua nakes yang ada di puskesmas. Supaya hari-hari berikutnya bisa melakukan ke nakes yang di luar fasilitas kesehatan", terang DBayu.

Jumlah nakes di wilayah Kabupaten Lumajang sekitar 3.851. Vaksin yang hari ini datang baru 3000 dosis dari rencana semula sebanyak 7.760 dosis vaksin.

"Untuk kekurangannya biasanya menyusul, melihat persediaan vaksin dan kebutuhan nasional. " Ujarnya

Menurutnya, jumlah angka tersebut hanya perkiraan, nantinya bisa berubah ubah karena dipengaruhi oleh faktor perubahan data ataupunĀ  ketersedian vaksin secara nasional.

Selanjutnya untuk tahap kedua yang akan divaksinasi setelah tenaga kesehatan adalah tenaga-tenaga yang melayani pelayanan umum atau yang setiap hari pekerjaannya langsung menghadapi masyarakat termasuk TNI-Polri.

"Ini agak dipercepat, informasinya dari Kementerian Kesehatan pada bulan Maret sudah mulai vaksinasi untuk masyarakat umum," pungkas Bayu. (fai/udi)

Sumber: