Wujudkan Layanan Prima, Pemkot Malang Gelar ‘Awarding Day 2020’

Wujudkan Layanan Prima, Pemkot Malang Gelar ‘Awarding Day 2020’

Malang, Memorandum.co.id - Meningkatkan pelayanan publik yang prima, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang mengoptimalkan teknologi informasi dalam mendukung kebijakan e-government (pemerintahan elektronik). Harapannya dapat memberikan informasi dan pelayanan yang cepat dan tepat pada masyarakat. Itu disampaikan oleh Walikota Malang Drs H Sutiaji saat memberikan sambutan pada gelaran ‘Pemkot Malang Awarding Day 2020’ secara virtual di Ngalam Command Center (NCC), Senin (14/12/2020). Event ini diinisiasi oleh Dinas Kominfo (Komunikasi dan Informatika) Kota Malang. Hadir mendampingi Wali Kota Malang Plt Kepala Diskominfo Kota Malang Erik Setyo Santoso dan Kabag Humas Pemkot Malang Nurwidianto. ‘Awarding Day 2020’ ini merupakan event untuk monitoring dan evaluasi kinerja para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkungan Pemkot Malang dengan ragam inovasi dan kreativitas. Adapun kriteria penghargaan dibagi menjadi empat, yakni Anugerah Inovasi dan Kreatifitas Informasi Digital (AIKID), Anugrah Pengaduan Informasi Terbaik (APIK), Kelompok Informasi Publik (KIP) dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Wali Kota Malang menyampaikan kebijakan penerapan e-government ini untuk mengeliminasi sekat-sekat organisasi dan birokrasi. Ini dikembangkan dengan tujuan membentuk jaringan sistem manajemen dan proses kerja instansi pemerintah secara terpadu. “Ini merupakan kebutuhan sekaligus tuntutan publik yang menginginkan informasi secara akurat, transparan serta akuntabel sekaligus memperoleh pelayanan publik yang efektif dan efisien,” jelasnya mengenai pelayanan publik yang perlu menyesuaikan dengan perubahan zaman. Pelayanan publik menurutnya harus menyesuaikan dengan zamannya. Di era yang memanfaatkan kecanggihan teknologi ini sebuah keharusan pelayanan publik yang disuguhkan pemerintah juga harus mempertimbangkan perangkat tersebut. Kecepatan dan ketepatan pelayanan merupakan bentuk adanya kehadiran pemerintah di tengah masyarakat. “Kehadiran pemerintah ini dapat dilihat ketika masyarakat bertanya maka langsung dijawab,” terangnya seraya menyebutkan inovasi e-government ini salah satunya adalah menyajikan informasi yang cepat. Oleh karena itu, ASN juga dituntut untuk dapat memanfaatkan teknologi informasi tersebut dengan sebaik mungkin. Ini tentunya sesuai dengan amanat UU nomor 5 tahun 2014 tentang ASN yang menuntut agar menjadi pelayan masyarakat. Melalui awarding ini diharapkan para pemenang mampu mengimplementasikan penghargaan ini pada kegiatan kedinasan sehari-hari sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat dari kehadiran pemerintah. “Awarding ini adalah simbol untuk terus menjaga dan meningkatkan kinerja dalam rangka memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat,” jelas Pak Aji, sapaan akrab Wali Kota Malang. Menurutnya, dalam penyampaian informasi bukan hanya kecepatan yang harus diberikan tetapi juga akurasi data. Era seperti sekarang ini menuntut kecepatan tetapi juga memperhatikan ketepatan informasi agar dapat memberikan nilai manfaat untuk masyarakat. Sementara itu, Plt Kepala Diskominfo Kota Malang Erik Setyo Santoso menjelaskan ‘Awarding Day 2020’ ini merupakan kegiatan untuk memantau dan melakukan evaluasi terhadap kinerja pelaksanaan, pengelolaan, pengaduan dan layanan informasi kepada masyarakat. “Tujuannya adalah memotivasi seluruh perangkat daerah, BUMD, Kelurahan, Puskesmas, RSUD dan Kelompok Informasi Masyarakat agar dapat berperan lebih aktif dan konstruktif dalam membangun masyarakat informatif menuju Kota Malang Bermartabat,” jelas Erik. Event ini diantaranya juga untuk mengukur inovasi dan kreativitas memanfaatkan teknologi informasi, diantaranya menggunakan media sosial secara positif dalam mendukung kinerja OPD yang pada akhirnya berdampak pada pelayanan publik yang prima. Untuk itu, event ini dibagi menjadi empat penghargaan, yaitu (1) Anugerah Inovasi dan Kreatifitas Informasi Digital (AIKID) sebanyak 4 kategori dengan jumlah pemenang 12 OPD; (2) Anugrah Pengaduan Informasi Terbaik (APIK) sebanyak 4 kategori dengan jumlah pemenang 9 OPD; Kelompok Informasi Publik (KIP) sebanyak 1 kategori dengan jumlah pemenang 3 OPD; dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) sebanyak 3 kategori dengan jumlah pemenang 5 OPD. (*/lis/ari) Pemenang ‘Awarding Day 2020’ A. Apresiasi Anugerah Inovasi dan Kreatifitas Informasi Digital (AIKID) A.1. Kategori Website Medsos Terbaik Kategori Perangkat Daerah/ Sekretariat/ BUMD: Juara 1 Dindikbud (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan) Juara 2 Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Juara 3 Disnaker-PMPTSP (Dinas Tenaga Kerja, Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Atap) A.2. Kategori Website Terbaik Kategori Kelurahan: Juara 1 Kelurahan Purwantoro Juara 2 Kelurahan Mojolangu Juara 1 Kelurahan Bakalankrajan A.3. Kategori Website & Media Sosial Terbaik Kategori Puskesmas dan RSUD: Juara 1 RSUD Kota Malang Juara 2 Puskesmas Arjuno Juara 3 Puskesmas Janti A.4. Kategori Website Favorit: Juara 1 Dindikbud (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan) Juara 2 Kelurahan Bandungrejosari Juara 3 RSUD Kota Malang B. Apresiasi Pengaduan Informasi Terbaik (APIK) B.1. Kategori Respon Terbaik (Dinas/ Badan/ Inspektorat/ Satpol PP/ Sekretariat DPRD): Juara 1 Diskopindag (Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan) Juara 2 DPUPR-PKP (Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman) Juara 3 Disnaker-PMPTSP (Dinas Tenaga Kerja, Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Atap) B.2. kategori Respon Terbaik (BUMD/ Bagian/ Kecamatan/ RSUD): Juara 1 PDAM Kota Malang Juara 2 Kecamatan Lowokwaru Juara 3 Kecamatan Kedungkandang B.3. Kategori Tata Kelola Terbaik: Juara 1 RSUD Kota Malang Juara 2 Disporapar (Dinas Kepemudaan, Olah Raga dan Pariwisata) Juara 3 PDAM Kota Malang C. Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Juara 1 KIM Nukus (Kelurahan Sukun) Juara 2 KIM Pasreh Jaya (Kelurahan Bumiayu) Juara 3 KIM Gerabah (Kelurahan Penanggungan) Konten Website Terbaik : KIM Tlogomas (Kelurahan Tlogomas) Presentasi terbaik : KIM Lowokwaru (Kelurahan Lowokwaru) D. Keterbukaan Informasi Publik (KIP) D.1. Ketegori Dinas: Juara 1 Disnaker-PMPTSP (Dinas Tenaga Kerja, Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Atap) Juara 2 Dispenduk Capil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) Juara 3 Disporapar (Dinas Kepemudaan, Olah Raga dan Pariwisata) D.2. Kategori BUMD dan Kecamatan: Juara 1 Kecamatan Blimbing Juara 2 Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Juara 3 Bakesbangpol (Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) D.3. Kategori Puskesmas dan RSUD: Juara 1 Puskesmas Pandanwangi Juara 2 Puskesmas Ciptomulyo Juara 3 Puskesmas Janti Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Malang            

Sumber: