2024, Capaian Kinerja Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam Luar Biasa

2024, Capaian Kinerja Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam Luar Biasa

Pelayanan di Kantor Imigrasi Batam--

BATAM, MEMORANDUM.CO.ID - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam semakin menunjukkan taringnya dan dedikasi tinggi dalam pelayanan publik. Hal ini ditunjukkan dengan capaian luar biasa sepanjang tahun 2024.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam, Hajar Aswad menyatakan bahwa selama periode Januari hingga Desember 2024, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam telah berhasil merealisasikan anggaran sebesar Rp46.439.952.136 atau sebesar 99,82% dari total anggaran yang diberikan di tahun 2023.

Dengan keberhasilan tersebut Kantor Imigrasi Kelas I khusus TPI Batam telah menyumbang Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp143.190.347.003. Angka ini jauh melebihi target yang ditentukan sebesar Rp59.353.300.000 atau capaian sebesar 372,55%.

BACA JUGA:Kuota Paspor di Imigrasi Batam Penuh di Awal Januari 2025

Dalam menjalankan fungsi pelayanan kepada masyarakat, Hajar menambahkan, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam telah menerbitkan sebanyak 107.775 paspor yang terdiri dari 59.057 paspor biasa, dan 48.718 paspor elektronik. Angka penerbitan tahun ini menandakan kenaikan sebesar 5% dibandingkan dengan tahun 2023 yang hanya menerbitkan sebanyak 102.339 paspor yang terdiri dari 76.541 paspor biasa dan 25.798 paspor elektronik.

Selain itu, Imigrasi Batam telah melakukan Penundaan Penerbitan Paspor RI baik di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam maupun Unit Layanan Paspor Batam Harbourbay sebanyak 191 permohonan karena diduga akan digunakan untuk melakukan pekerjaan secara Non Prosedural.

Sebagai informasi Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam merupakan salah satu dari 13 Kantor Imigrasi di seluruh Indonesia yang menjadi pilot project dari Direktorat Jenderal Imigrasi yang hanya menerbitkan 100% paspor elektronik per tanggal 1 Desember 2024, Imigrasi Batam sudah tidak menerbitkan paspor biasa lagi.

BACA JUGA:Imigrasi Batam Gelar Apel Kesiapan Natal dan Tahun Baru

Sementara itu untuk pelayanan izin tinggal bagi WNA, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam telah menerbitkan sebanyak 3.341 permohonan ITAS, 80 permohonan ITAP dan 1089 permohonan ITK.

Dalam hal menjalankan fungsi keamanan dan penegakan hukum Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam telah berhasil melakukan Tindakan Administrasi Keimigrasian sebanyak 447 tindakan dan telah berhasil melakukan penegakan hukum melalui Pro Justitia sebanyak 25 kali dan penolakan kedatangan WNA sebanyak 47 orang.

Kota Batam yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia dan Singapura, menjadi sangat rentan terhadap praktik Tindak Pidana Perdagangan Orang, maka dari itu, dalam rangka pencegahan praktik dimaksud, Imigrasi Batam telah melakukan pencegahan keberangkatan sebanyak 3.337 orang di Pelabuhan Citra Tri Tunas, Batam Center, Sekupang, dan Bandara Hang Nadim. Imigrasi Batam juga telah turut berkoordinasi dengan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Kepulauan Riau untuk memberikan sosialisasi dan pembekalan terkait dokumen keimigrasian kepada calon Pegawai Migran Indonesia secara berkala.

BACA JUGA:Plt Dirjen Imigrasi Sidak Pelabuhan di Batam, Minta Petugas Waspada Tumpangan Negatif

Dalam rangka mendekatkan diri kepada masyarakat dan penyebaran informasi keimigrasian, kami telah melakukan Kegiatan Sosialisasi Desa Binaan Imigrasi dengan beberapa perangkat desa di Kelurahan Batam Center, Kelurahan Tiban, dan Pondok Pesantren Abdul Dhohir Sekupang. Imigrasi Batam juga melakukan kegiatan sosialisasi paspor elektronik kepada siswa siswi di Sekolah Kalam Kudus pada bulan Maret dan Sekolah Pelita Utama pada bulan Oktober 2024.

Selain itu, sepanjang tahun 2024, Imigrasi Batam telah berhasil memperoleh sebanyak 9 penghargaan, yaitu:

1. Jusuf Adiwinata Award 2024, Kategori Satuan Kerja dengan Penundaan Keberangkatan PMI-NP Terbanyak II;

2. Jusuf Adiwinata Award 2024, Kategori Satuan Kerja dengan Pelaksanaan Tindakan Administratif Keimigrasian (TAK) Deportasi Terbanyak I;

3. Penghargaan "Letter of Appreciaton" the Consul General of Japan atas Penangkapan WN Jepang Blue Notice Interpol;

4. Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Terbaik. Kategori Pemenuhan, Kepatuhan Waktu, Kelengkapan dan Kesesuaian Data Dukung LKE WBK/WBBM dan RKT

RB General Berkualitas pada Satuan Kerja di Lingkungan Kantor Wilayah Kumham Kepulauan Riau Tahun 2024;

5. Pengelola Kehumasan Terbaik, Kategori Satuan Kerja Ter-Kreatif dalam Penyampaian Informasi Berupa Infografis dan Videografis melalui Media Sosial Satuan Kerja;

6. Terbaik II Pengelola Pemberitaan (Media Darling), Anugerah Humas Imigrasi Indonesia (AHII);

7. Terbaik III Pengelola Website (webshine), Anugerah Humas Imigrasi Indonesia (AHII);

8. Penanganan Perkara Khusus dengan Melakukan Penangkapan terhadap Buronan WN Filipina a.n. Alice Guo, Cs; dan

9. Unit Kerja Pelayanan Berbasis Hak Asasi Manusia (P2HAM) Tahun 2024 dari Kementerian Hak Asasi Manusia

BACA JUGA:Wilayah Perbatasan, Imigrasi Batam Gelar Sosialisasi TPPO dan Eazy Paspor

Selain penghargaan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam telah melakukan berbagai macam inovasi dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan dengan meluncurkan inovasi terbaru yang terdiri dari:

1. Pelayanan Imigrasi on Emergency (Pioneer) adalah Pelayanan Keimigrasian bagi Pemohon Dokumen Perjalanan Republik Indonesia ataupun WNA pemohon perpanjangan Izin Tinggal Keimigrasian yang tidak dapat melakukan perekaman data biometrik di Kantor Imigrasi dikarenakan Kondisi Kesehatan yang tidak Memungkinkan untuk datang ke Kantor Imigrasi;

2. Sistem Informasi Paspor (SIP) adalah sistem aplikasi yang digunakan untuk mempermudah pemohon dalam melakukan pengecekan status paspor setelah proses foto dan wawancara selesai. Pemohon dapat melakukan pengecekan secara mandiri ke nomor whatsapp yang telah diinformasikan;

3. Layanan Paspor Terbit 1 Hari, adalah Layanan percepatan paspor di mana penerbitan paspor akan jadi pada hari yang samaa. Layanan ini adalah salah satu upaya Kantor Imigrasi Batam dalam meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat. Dengan layanan ini, pemohon dapat mengajukan permohonan paspor pada pagi hari dan mendapatkan paspor pada sore harinya;

4. Inovasi Penunjang ini adalah inovasi pelayanan publik bagi pemohon paspor saat menunggu di kantor imigrasi yakni tersedianya makanan, minuman dan sumber bacaan bagi para pemohon paspor. Pojok Baca dan Manja (Mau akan dan Minum, Ambil aja);

BACA JUGA:WN Cina Buronan Kasus Judi Online Ditangkap di Batam

“Dengan segala capaian ini, kami menyadari ini merupakan hasil kolaborasi dan sinergitas lintas instansi. Untuk itu kami ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan stakeholder yang telah mendukung serta berkontribusi dalam meningkatkan kualitas layanan keimigrasian di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam. Tidak lupa kami juga turut mengapresiasi mitra kerja kami, rekan-rekan media yang sudah membantu meningkatkan citra positif dan kepercayaan publik,” ujar Hajar.

“Kami akan terus berupaya untuk konsisten dalam meningkatkan kualitas pelayanan terbaik demi kenyamanan dan kepuasan masyarakat. Kami optimis akan mampu melayani masyarakat dengan tetap mengedepankan profesionalisme dan integritas demi menudukung program strategis pemerintah”, tutup Hajar.(mik)

Sumber: