Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Malang Raih Penghargaan Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)

Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Malang Raih Penghargaan Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)

Kepala Kantor Imigrasi Malang, Anggoro Widjanarko (kanan) menunjukkan penghargaan. --

JAKARTA, MEMORANDUM.CO.ID – Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Malang mendapatkan penghargaan bergengsi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) sebagai unit kerja pelayanan berpredikat menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) untuk tahun 2024.

Penghargaan tersebut diberikan dalam rangkaian acara Satu Dekade Zona Integritas yang berlangsung di Assembly Birawa Hotel Bidakara Jakarta pada Rabu, 11 Desember 2024.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Malang, Anggoro Widjanarko, hadir mewakili institusinya untuk menerima penghargaan tersebut. Dalam wawancara dengan awak media setelah acara, Anggoro mengungkapkan rasa syukurnya atas pencapaian ini, yang merupakan hasil perjuangan selama beberapa tahun.

BACA JUGA:Operasi JAGRATARA Tahap III, Imigrasi Malang Pengawasan Orang Asing di Kabupaten Pasuruan

“Pada tahun 2020, kami mendapatkan predikat WBK (Wilayah Bebas Korupsi), dan selama empat tahun terakhir kami terus berjuang untuk memperbaiki dan mengembangkan pelayanan kami. Akhirnya, di tahun 2024 ini, kami berhasil meraih predikat menuju WBBM,” ungkap Anggoro dengan bangga.

Predikat ini tidak datang begitu saja. Anggoro menjelaskan bahwa Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Malang telah melakukan serangkaian inovasi dan perubahan selama empat tahun terakhir. Sejak mendapatkan predikat WBK pada tahun 2020, pihaknya terus berkomitmen untuk menjaga kebersihan birokrasi dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“Kami selalu berkomitmen untuk menjaga kantor kami bebas dari praktik korupsi dan pungutan liar (pungli),” tambahnya.

BACA JUGA:Kantor Imigrasi Malang Gelar Sosialisasi Pencegahan TPPO di Kabupaten Malang

Selama periode 2020 hingga 2024, Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Malang telah melaksanakan enam area perubahan yang mencakup berbagai inovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

Anggoro menekankan bahwa inovasi tersebut tidak hanya berjalan, tetapi terus berkembang, sehingga evaluasi dari Kemenpan-RB memberikan penilaian positif terhadap kinerja kantor mereka.

Dalam tasyakuran yang diselenggarakan oleh Kementerian Imigrasi dan Pemasyarakatan sesaat setelah anugrah WBBM oleh Menpan, Wakil Menteri Kementerian Imigrasi dan Pemasyarakatan, Silmy Karim menyampaikan harapannya agar pencapaian ini bukan hanya meningkatkan kinerja pegawai dan kualitas pelayanan publik, tetapi juga menjadi awal yang baik sekaligus inspirasi untuk terus bermanfaat bagi bangsa dan negara.

BACA JUGA:Kantor Imigrasi Malang Deportasi Warga Negara Timor Leste

Kepala Divisi Keimigrasian, Herdaus  yang turut mendampingi pada saat penerimaan penghargaan menambahkan bahwa dirinya sangat berbangga karena penerima predikat WBBM dari satuan kerja imigrasi diraih oleh 3 Kantor Imigrasi di wilayah Jawa Timur yaitu Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang, Kantor Imigrasi Kelas II non TPI Madiun dan Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Ponorogo.

Pencapaian ini bukan hanya soal seremoni semata, tetapi merupakan komitmen yang harus dijaga agar 3 Kantor Imigrasi ini tetap menjadi unit pelayanan publik yang transparan, bersih, dan melayani dengan sepenuh hati.

Sumber: