Polres Pasuruan Dukung Pemerintah dalam Ketahanan dan Kedaulatan Pangan

Polres Pasuruan Dukung Pemerintah dalam Ketahanan dan Kedaulatan Pangan

Aktivitas Aipda Eko Nugroho (tengah) ketika dikunjungi Iptu Bambang Sugeng Hariyadi dan Kapolsek Nongkojajar di lahan perkebunannya.-Hari Mujianto/Muhammad Hidayat-

PASURUAN, MEMORANDUM.CO.ID - Polres Pasuruan menunjukkan komitmennya dalam mendukung kebijakan Pemerintah Republik Indonesia.

Salah satunya terkait program ketahanan dan kedaulatan pangan. Sebagai bagian dari inisiatif ini, Polri juga berencana merekrut generasi muda melalui program Bakomsus Pertanian. Sebuah program khusus untuk mengembangkan sektor pertanian.

BACA JUGA:Satreskoba Polres Pasuruan Bekuk 2 Pengedar Sabu

Kapolres Pasuruan AKBP Teddy Chandra SIK MSi menyatakan ketahanan pangan adalah salah satu fokus penting untuk menjaga kesejahteraan masyarakat. Dalam hal ini, Polri juga berperan aktif tidak hanya dalam menjalankan tugas utama di bidang keamanan, tetapi juga melalui kontribusi nyata di sektor pertanian. 

"Kami berharap anggota Polri juga dapat memiliki aktivitas lain yang mendukung masyarakat, khususnya dalam sektor pertanian," jelas kapolres.

BACA JUGA:Tekan Kecelakaan, Polres Pasuruan Gencarkan Operasi Zebra Semeru 2024

Salah satu contoh nyata adalah apa yang dilakukan anggota Unit Samapta Polsek Nongkojajar, Aipda Eko Nugroho. Di Dusun Suro Rowo, Desa Kayukebek, Kecamatan Nongkojajar, Aipda Eko menjadi pionir dalam menggerakkan masyarakat untuk terlibat dalam kegiatan pertanian. Khususnya menanam kentang. 

Bersama warga setempat Aipda Eko berhasil menciptakan sinergi antara tugas kepolisian dan kegiatan pertanian yang produktif. Aipda Eko Nugroho mengaku, ketertarikannya pada pertanian dimulai dari keinginan untuk memiliki kegiatan yang bermanfaat di luar tugas kepolisian. 

BACA JUGA:Kapolres Pasuruan Beri Kejutan saat HUT ke-79 TNI

"Saya menanam bibit kentang sebanyak 800 kilogram di lahan saya. Dengan perawatan yang baik, selama 4 bulan, kentang tersebut bisa dipanen mencapai 15 ton. Keuntungan yang saya peroleh bisa mencapai 15 kali lipat dari modal awal," ungkap Eko dengan bangga pada Rabu 23 Oktober 2024.

BACA JUGA:Berkat Kampung Tertib Lalu Lintas, Satlantas Polres Pasuruan Raih Juara 1

Kapolsek Nongkojajar AKP Supriyanto turut mengapresiasi upaya anggotanya itu. Menurutnya, Eko tidak hanya bertani untuk kepentingan pribadi, tetapi juga membantu mengedukasi masyarakat sekitar. 

"Selain menanam kentang, Aipda Eko juga turut serta dalam menanam tanaman paprika, wortel, dan kubis. Hasil panen yang diperoleh sangat memuaskan dan memberikan dampak positif bagi warga," tutur kapolsek.

BACA JUGA:Antisipasi Begal dan Curanmor, Kapolres Pasuruan Kota Pasang 10.000 CCTV

Sumber: