Terobosan Kapolri, Polisi RW Mulai Disosialisasikan di Kota Probolinggo

Terobosan Kapolri, Polisi RW Mulai Disosialisasikan di Kota Probolinggo

Seremonial sosialisasi Polisi RW di Pemkot Probolinggo--

PROBOLINGGO, MEMORANDUM.CO.ID - Keberadaan Polisi RW di lingkungan Polres Probolinggo Kota, mulai disosialisasikan, Rabu 23 Oktober 2024.

Tugas Polisi RW, salah satunya menjadi problem solver setiap masalah dan kesusahan di tengah masyarakat. Sehingga berbagai masalah sosial dapat diredam tidak sampai membesar.

Sosialisasi itu dilakukan Polres Probolinggo Kota, bersama pemerintah kota setempat. Disebutkan, keberadaan Polisi RW, ada disetiap lingkup kecil masyarakat Kota Probolinggo.

BACA JUGA:Polisi RW Dan Bhabinkamtibmas Serahkan Al Quran Saat Dialogis Dengan Jamaah Tadarus Masjid Al Huda Desa Sidore

Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Oki Ahadian, menjelaskan, Polisi RW adalah terobosan besar Kapolri Jenderal Listyo Sigit. Unit ini dibentuk untuk deteksi dini konflik di lapisan masyarakat paling bawah. Sehingga persoalan sosial dapat segera diredam.

“Keberadaan Bhabinkamtibmas yang mempunyai ruang lingkup desa/kelurahan yang terlalu besar. Dengan adanya Polisi RW ini setiap permasalahan di masyarakat dapat tertangani dengan cepat,” ucap Oki.

BACA JUGA:Bhabinkamtibmas dan Polisi RW Polsek Padangan Serahkan Sarana Kontak Al Qur'an di Masjid Baitul Mukminin

Kapolres menambahkan, personel yang ditugaskan di tingkat RW di setiap wilayah di Kota Probolinggo akan memperkuat Bhabinkamtibmas di masing – masing desa atau kelurahan.

“Polisi akan mengedepankan upaya preemtif dalam mewujudkan stabilitas keamanan dalam negeri. Semua anggota Polri dari semua fungsi melaksanakan tugas kamtibmas di tingkat RW yang bertanggung jawab sebagai pembina keamanan di lingkungan RW,” ungkapnya.

Seremonial sosialisasi Polisi RW dilaksanakan di Gedung Puri Manggala Bakti Pemkot Probolinggo. Selain kapolres, acara itu juga dihadiri PJ Wali Kota Probolinggo, M. Taufik Kurniawan. 

BACA JUGA:Ditpolairud Polda Jatim Maksimalkan Polisi RW dan Tenaga Kesehatan di Pulau Binaan

Hadir pula diantaranya, Ketua DPRD Kota Probolinggo, Dwi Laksmi Syntha Kusumawardhani, dan Sekda Kota Probolinggo, Drg. Ninik Ira Wibawati. Termasuk MQIH serta para perangkat RW dan personel Polisi RW Polres Probolinggo Kota.

PJ Wali Kota Probolinggo, M. Taufik Kurniawan, mengapresiasi terobosan kapolri.

“Perlu diketahui, Pemkot Probolinggo mendukung kegiatan Polisi RW jajaran Polres Probolinggo Kota,” kata M Taufik.  

Sumber: