Peringatan Hari Santri di Sidoarjo Diwarnai Insiden, 13 HP Paskibra Sempat Hilang

Peringatan Hari Santri di Sidoarjo Diwarnai Insiden, 13 HP Paskibra Sempat Hilang

Anggota Paskibra dikembalikan HP-nya di Mapolsek Balongbendo. -Budi Joko Santoso-

SIDOARJO, MEMORANDUM.CO.ID - Peringatan Hari Santri Nasional di Sidoarjo, yang berlangsung di lapangan Desa Suwaluh, Kecamatan Balongbendo, Selasa 22 Oktober 2024 seharusnya menjadi momen penuh makna bagi para santri dari berbagai pondok pesantren dan sekolah.

Namun, upacara khidmat tersebut sempat diwarnai insiden mengejutkan dengan hilangnya 13 HP milik anggota pasukan pengibar bendera (paskibra).

BACA JUGA:Polsek Balongbendo Gelar Curhat Kamtibmas Cegah KDRT 

Menurut Kapolsek Balongbendo AKP Sugeng Sulistiyono, insiden ini bermula saat para anggota paskibra menitipkan HP mereka kepada salah satu temannya. HP-HP tersebut dikumpulkan dalam kantong plastik hitam dan diletakkan di dekat tumpukan bekas sampah di depan SDN Suwaluh. Namun, setelah upacara selesai, kantong plastik beserta HP di dalamnya hilang.

BACA JUGA:Polsek Balongbendo, Koramil dan BPBD Gotong Royong Evakuasi Pohon Tumbang di Jalan Raya Jabaran 

"Sebanyak 13 HP milik teman-teman paskibra dilaporkan hilang," ungkap Sugeng.

Mendengar laporan tersebut, tim Reskrim Polsek Balongbendo segera bertindak cepat dengan dibantu anggota Banser yang juga bertugas mengamankan acara. Mereka melakukan penyisiran di sekitar lokasi dengan bantuan pelacakan sinyal dari salah satu HP yang hilang. Hasil pelacakan menunjukkan bahwa perangkat masih berada di sekitar SDN Suwaluh.

BACA JUGA:Polsek Balongbendo Cangkruk Kamtibmas Bareng Pesilat 

"Saat mendapat laporan, kami langsung melakukan pelacakan melalui salah satu email di HP tersebut, dan sinyal menunjukkan keberadaan HP masih di sekitar SD Suwaluh," ujar Sugeng.

BACA JUGA:Polsek Balongbendo Jalin Silaturahmi dengan Masyarakat Via Jumat Curhat 

Setelah dilakukan pencarian intensif, tim gabungan menemukan kantong plastik berisi HP tersebut di lokasi yang tak terduga, yaitu di belakang SDN Suwaluh, tepatnya di bawah pohon mangga di tepi sawah. Anehnya, HP-HP tersebut sudah berpindah dari kantong plastik hitam ke kantong plastik lain, yang menimbulkan dugaan bahwa pelaku yang berencana mengambil HP itu merasa panik dan akhirnya menyembunyikannya.

BACA JUGA:Jumat Curhat, Kapolsek Balongbendo Ajak Warga Jaga Kamtibmas 

"Diduga pelaku ketakutan dan menyembunyikan HP di belakang SD," kata Sugeng.

BACA JUGA:Kapolsek Balongbendo Hadiri Santri Berselawat 

Beruntung, seluruh HP ditemukan dalam kondisi utuh dan langsung diserahkan kepada pihak sekolah untuk dikembalikan kepada pemiliknya masing-masing. Meski sempat terjadi insiden, upacara peringatan Hari Santri tetap berjalan lancar dan penuh khidmat.

BACA JUGA:Safari Jumat, Kapolsek Balongbendo Sampaikan Pesan Kamtibmas kepada Jemaah 

Kapolsek Sugeng Sulistiyono menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang membantu menemukan HP tersebut. Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dan tidak meninggalkan barang berharga tanpa pengawasan, terutama saat menghadiri acara besar seperti upacara.

BACA JUGA:Gerai Vaksin di Mapolsek Balongbendo Diserbu Calon Pemudik 

"Kami berharap insiden seperti ini tidak terulang lagi. Mari kita semua lebih waspada dalam menjaga barang berharga," pungkas Sugeng. (bwo/jok)

Sumber: