Jelang Hari Jadi Bojonegoro ke-347, Pj Bupati Adriyanto Gelar Ziarah Spiritual

Jelang Hari Jadi Bojonegoro ke-347, Pj Bupati Adriyanto Gelar Ziarah Spiritual

Penjabat (Pj) Bupati Bojonegoro Adriyanto bersama seluruh rombongan Forkopimda dan Kepala OPD gelar ziarah spiritual--

BOJONEGORO, MEMORANDUM.CO.ID - Di umurnya ke-347 ini, Kabupaten Bojonegoro berkomitmen mewujudkan masyarakat lebih makmur dan sejahtera sesuai tema besar. Hal ini pun sangat relevan dengan kondisi Kabupaten Bojonegoro saat ini syarat makna tentang harapan masyarakat Bojonegoro ke depan.

Berdirinya Kabupaten Bojonegoro tak lepas dari sebuah sejarah perjuangan panjang. Pada tanggal 20 Oktober 1677, status Jipang yang sebelumnya adalah kadipaten diubah menjadi kabupaten dengan Wedana Bupati Mancanegara Wetan, Mas Tumapel yang juga merangkap sebagai Bupati pertama yang berkedudukan di Jipang.

BACA JUGA:Hari Jadi Ke-343 Bojonegoro, Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Menggembirakan

Hari jadi Kabupaten Bojonegoro juga merupakan hal yang sakral dimaknai unsur serta nilai sejarah, perjuangan, perlawanan, serta pembebasan dari para pemimpin Bojonegoro terdahulu. Tradisi napak tilas ke makam leluhur pendahulu Bojonegoro menjadi hal yang patut ditauladani sebagai bentuk penghormatan yang tak ternilai.

Jumat siang, 18 Oktober 2024 usai laksanakan shalat jumat, Penjabat (Pj) Bupati Bojonegoro Adriyanto bersama seluruh rombongan Forkopimda dan Kepala OPD berangkat bersama-sama dari rumah dinas menuju makam leluhur.

Makam Pangeran Raden Aryo Dalem atau Buyut Dalem (masyarakat menyebutnya) yang berada di Jl. Dewi Sartika Kec. Bojonegoro menjadi titik awal ziarah. Disana Adriyanto dan rombongan bersama sejumlah tokoh melakukan tahlil dan doa bersama, harum taburan bunga kamboja memaknai renungan suci sebuah perjuangan.

BACA JUGA:Sambut Hari Jadi Bojonegoro, Bupati Anna Pimpin Kirab Api Abadi

BACA JUGA:Berkontribusi Pengembangan Sapi PO, Pemkab Bojonegoro Raih Penghargaan di Hari Jadi Ke-78 Provinsi Jatim

Dalam rangkaian itu, Adriyanto berkesempatan memberikan sejumlah bingkisan kepada juru kunci makam, menjadikannya senyum bahagia. Adriyanto menyampaikan hari ini kita melaksanakan kegiatan ziarah ke makam leluhur Bojonegoro dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Ke-347.

"Semoga di hari jadi Bojonegoro Ke-347 ini masyarakatnya semakin makmur, sejahtera, dan semakin baik" harapnya.

Masih di sekitaran kota, perjalanan spiritual dilanjutkan ke area pesarean Kanjeng Soeamntri yang berada di Kelurahan Mojo Kampung. Kanjeng Soemantri atau Raden Adipati Aryo Koesoemo Adinegoro merupakan Bupati Bojonegoro ke-21 (1916-1936). Aneka tumpengan membawakan berkah keguyuban bersama jajaran Forkopimda dan warga.

BACA JUGA:Pj Bupati Adriyanto Kenalkan Produk Asli UMKM Bojonegoro Secara Luas di Ajang Jatim Fest

Berlanjut ke wilayah selatan, Adriyanto beserta rombongan berziarah menuju ke area pesarean Adipati Aryo Matahun di Desa Ngraseh Kecamatan Dander. Adipati Aryo Matahun adalah Pangeran Sasongko atau Raden Songko keturunan dari Raden Wijaya era kekuasaan Kerajaan Majapahit dari Raden Patah Demak.

Terakhir, ziarah suci berlanjut ke area pesarean Raden Adipati Djojonegoro yang berada di area pematang sawah Desa Mojoranu. Adipati Djojonegoro menjabat Bupati Bojonegoro pada tahun 1837-1844, dan wafat pada tanggal 13 Juli 1852.

Sumber: